Pendidikan

SDN 006 Raja Bejamu Rohil Bersiap Untuk Penilaian Adiwiyata Tingkat Provinsi Riau

SINABOI - (WAWASANRIAU.COM) - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Raja Bejamu Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir tengah bersiap - siap dalam rangka mengikuti lomba sekolah penerapan program Adiwiyata tingkat Provinsi Riau mendatang. 

Kepala Sekolah SDN 006 Raja Bejamu, Nuzulina SPd, menyebutkan bahwa pogram Adiwiyata yang sudah menjadi gerakan nasional ini dapat membangkitkan sekolah di Indonesia. Program ini menurutnya, bertujuan untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

"Kita sekarang lagi melaksanakan program Adiwiyata disekolah dan persiapan buat ikut dalam penilaian tingkat provinsi. program ini bagus, Adiwiyata memiliki makna tempat yang ideal bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial, khususnya di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan." kata Nuzulina, Selasa (26/02/2019).

Lanjut dia, adiwiyata adalah kegiatan berbasis partisipatif, sekolah harus mendapat dukungan dari seluruh warga sekolah yang tergabung dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, penjaga sekolah, pengelola Kantin, satpam serta pihak komite sekolah dan masyarakat termasuk para alumni.

Pada kegiatan partisipatif ini. tambahnya, ia mengajak pihak sekolah dan luar sekolah untuk berpartisipatif dalam mendukung sekolah menjadi sekolah adiwiyata, yang akan terjadi efisiensi dana dan tenaga. 

"Selain warga sekolah dan masyarakat di komponen ini mengajak sekolah lain untuk ikut mendukung dan ini dibutuhkan 3 dukungan, selain mendapat dukungan sekolah kita juga harus mendukung sekolah adiwiyata lainnya min 3 sekolah. Jadi indah terjadi jalinan kerjasama yang mutualisme saling mendukung, saling silaturahmi antar sekolah adiwiyata. Semua bentuk partisipatif didokumentasikan dan mendapat nilai. "jelasnya.

Diketahui, dalam program adiwiyata sekolah juga memiliki kegiatan produktif kewirausahaan melalui ekstrakurikuler yang sesuai dengan pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup mis kreativitas dan inovasi daur ulang sampah baik organik maupun anorganik. 

"Hari ini sudah banyak sekolah adiwiyata yang bisa dicontoh memiliki product unggulan kewirausahaan baik tingkat SD maupun SLTA. Semua itu terdapat pendidikan karakter dan keterampilan buat warga sekolah. "terang dia. 

Warga sekolah dapat mengelola lingkungan dengan berbagai kreativitas dan inovasi, hal ini sudah banyak pengelola sekolah dan masyarakat yang sudah berpartisipatif dalam mendukung sekolah adiwiyata. 

Tak kalah pentingnya manfaat adiwiyata bagi warga sekolah ialah selain mereka berbuat di sekolah dirumah mereka masing -masing juga sudah mulai menerapkan apa yang mereka terapkan disekolah terutama tentang pengelolaan lingkungan. 

"Sudah banyak peserta didik yang menabung sampah di bank sampah yang ada disekolah dan menjadi uang atau bernilai ekonomis. Utamanya kita akan menikmati hasilnya 10 tahun kedepan bahwa akan muncul generasi -generasi bangsa yang mengerti akan pengelolaan lingkungan yang tepat. Yuk Hijaukan bumi dari sekarang. "ajak Nuzulina. (zmi)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar