Politik

Bawaslu Ingatkan Ketua RT dan RW Tidak Jadi Kaki Tangan Caleg

Rusidi Rusdan

Pekanbaru (wawasanriau) - Ketua Bawaslu provinsi Riau, Rusidi Rusdan, mengingatkan agar para ketua RT/RW se-Riau tidak menyalahgunakan jabatannya untuk jadi 'kaki tangan' Caleg. Menurutnya, ketua RT dan RW merupakan 'sasaran empuk' Caleg untuk mendulang suara di daerahnya.

Meskipun tak menjelaskan secara gamblang, Rusidi menjelaskan pihak Bawaslu mendapatkan laporan kejadian di kota Pekanbaru terkait intervensi ketua RT dan RW yang tidak memperbolehkan Caleg lain masuk ke daerah mereka karena sudah ada kesepakatan dengan satu Caleg.

"Seharusnya sebagai pemimpin di tingkat RT dan RW harus bisa menempatkan diri pada posisi menghargai demokrasi. Hal ini terjadi di beberapa lokasi di Pekanbaru, ada intervensi dari pihak RT dan RW. Untuk itu panitia pengawas di tingkat Kelurahan dan Kecamatan kita minta untuk melakukan pengawasan adanya masalah tersebut," kata Rusidi.

Rusidi menambahkan, pihaknya juga meminta pada masyarakat untuk tidak takut melaporkan jika ada kejadian intervensi dan larangan lainnya dari perangkat RT dan RW yang melanggar proses Pemilu tersebut.

"RT dan RW silahkan ikut untuk berpolitik, namun yang harus diingat jangan membuat gaduh di masyarakat, jangan Offside, jangan merusak demokrasi," cakapnya lagi.

Bawaslu juga mengajak agar RT dan RW ini bisa menyejukkan suasana panasnya politik di masyarakat jelang Pemilu, apalagi banyak serangan berita hoaks dan adu domba di media sosial.

"Peran RT dan RW itu ya untuk membuat suasana jadi kondusif jangan malah sebaliknya, makanya kita harapkan perannya maksimal," pungkasnya. 

Sumber : cakaplah.com


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar