Lancang Kuning

MTQ Ke-XV Kabupaten Rokan Hilir Dimulai

Bupati Rohil, H.Suyatno didampingi Asisten 1 Propinsi Riau Ahmadsyah Harrofie dan forkompinda pada pembukaan MTQ ke XV

ROKAN HILIR, WAWASANRIAU.COM - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XV Tingkat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) resmi dibuka Bupati Rohil, H. Suyatno, Amp, Ahad malam (28/8/2018) di Taman Budaya kawasan perkantoran Batu Enam Kecamatan Bangko, Riau

Acara pembukaan dihadiri Asisten I Pemerintah Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie, Wakil Bupati Jamiludin, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Sekda Surya Arfan, Anggota DPRD Provinsi Riau Siswadja Muljadi, perwakilan Kapolres Rohil, Kasi Intel Kejari Rohil farkhan Junaedi, Para Kepala Dinas, Camat serta unsur Pemerintahan lainnya dan para kafilah dari 18 Kecamatan.

Ketua panitia MTQ ke-XV Rohil, Fery H.Parya dalam laporannya menyampaiakan bahwa pelaksanaan MTQ ke- XV ini untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran serta utnuk menjalin ukhuwah islamiah.

MTQ ini dilaksanankan mulai tanggal 27 Agustus hingga 1 September 2018 yang diikuti 18 kafilah dari seluruh Kecamatan yang ada di Rohil.

"Adapun jumlah peserta MTQ sebanyak 417 serta 126 official yang dipondokkan di rumah-rumah masyarakat yang ada di Bagansiapiapi," katanya.

Lanjutnya, adapun cabang-cabang yang dipertandingkan adalah cabang tilawah yang akan dilaksanakan di Taman Budaya batu enam, cabang Tartil Quran dan cacat netra di Masjid Khairiyah, untuk cabang Tafsir dan hifzil Qulran di Masjid Raya Al-Ikhsan, cabang fahmil dan syarhil Quran digedung LAM, untuk cabang Khotil Qurtil di Madrasah Aliyah Negeri Bagansiapiapi dan cabang MNNQ di Kampus UNRI cabang Rohil batu enam," jelas Ferry.

Sementara itu Asisten 1 Bidang Pemerintahan Propinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie menyebutkan, Pemprov Riau menyampaikan tahniah atas terlaksananya pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Rohil yang ke XV Tahun 2018.

"Malam ini Rohil merupakan Kabupaten ke-9 yang telah melaksanakan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten, dan pemprov Riau menyampaikan tahniah dan selamat kepada LPTQ Kabupaten Rohil, dimana perhelatan MTQ tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Medan Sumatera Utara dari Rohil 8 peserta mewakili Riau terutama di Cabang Kaligrafi," Kata Ahmad Syah Harrofie.

Lanjutnya, kita harapkan peserta asal Rohil ini dapat mengangkat nama Riau terutama dalam bidang kaligrafi," paparnya.

Ia juga menyebutkan, Rohil merupakan salah satu Kabupaten sentra pembina qori dan qoriah yang memiliki kwalitas melalui LPTQ.

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno mengatakan, pelaksanaan MTQ setiap tahunnya selalu menjadi daya tarik di tengah-tengah masyarakat dan merupakan salah satu sarana media dakwah.

"MTQ juga merupakan salah satu penyambung silaturahmi antara kaum muslimin dari berbagai golongam dan daerah yang ada di Rohil, "Jelasnya.

Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat agar menyemarakkan perhelatan MTQ terutama seluruh OPD untuk dapat mengerahkan anggotanya untuk memeriahkan arena MTQ tersebut. Yang mana MTQ merupakan salah satu sarana dalam membentuk sumber daya manusia yang tangguh dan memiliki daya saing serta berahlak mulia.

"Pada pelaksanaan MTQ ini saya sangat berharap betul ninkepada pimpinan OPD untuk dapat mengerahkan anggotanya agar dapat hadir setiap malam diarena MTQ ini sehingga arena tidak kososng, kalau perludibuat absensinya," pint Bupati.  

Selain itu, Suyatno juga meminta kepada para majelis hakim agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan. Untuk itu ia sudah menegaskan kepada para Camat maupun dewan hakim dan panitia untuk tidak mengambil peserta orang luar.

"Untuk para peserta qori-qoriah, saya sudah tegaskan tadi agar tidak mencari orang luar. Putra-putri kita banyak untuk bidang qori-qoriahnya, bila nanti ada kedapatan dari luar pesertanya, itu nanti akan kita serahkan kepada panitia atau dewan hakim agar di dish," pesannya.

Laporan : Irwansyah

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar