Lancang Kuning

Dua Direktur Pemberdayaan Kemenag RI Hadiri Panen Raya Keladi di Sinaboi, Rohil

H. Suardi Abbas dan H Tarmizi Tohor serta rombongan foto bersama usai pane raya

SINABOI,WAWASANRIAU.COM - Direktur Pemberdayaan Wakaf H. Suardi Abbas dan Direktur  Pemberdayaan Zakat H Tarmizi Tohor, Kementrian Agama Republik Indonesia (RI) hadiri panen raya kebun budidaya keladi pengembangan wakaf produktif di Kepenghuluan Darussalam, Sinaboi, Rohil, Kamis (24/11/16). Hasil panen diharapkan meningkatkan kesejahtaraan forum nazir (petani,red).

Panen raya pada 4 hektar lahan tersebut menurut Direktur Pembinaan Wakaf, Suardi Abas setelah melihat langusung kelapangan, memang luar biasa dan dirinya berkeyakinan bisa berkembang kedepannya.

Kanwil Kemenag Riau, Drs. Ahmad Supardi, MA menjelaskan, dana yang dikucurkan untuk 4 hektar kebun keladi, Rp165 juta, diharapkannya jangan  habis berhenti 4 hektar saja, tetapi harus berkelanjutan.

“1 hektar itu sekitar 10 ton, kali Rp3.000, sudah Rp30 juta, kalau 4 hektar sekitar Rp120 juta. Kita berharap uang Rp120 juta dikelola balek disamping dikeluarkan upah dan segala macam. Dengan demikian dana kita bertahan untuk jangka panjang, jangan cuma tahun ini saja, habis segala-galanya,” ujarnya.

Asisten III Pemkab Rohil Ali Aspar, S.Sos, M.Si menyatakan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menyambut baik adanya pemberdayaan masyarakat tersebut, sehingga nanti diharapkan masyarakat Rokan Hilir ikonnya berobah menjadi menanam keladi, selama ini kelapa sawit.
Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Rohil, Agustiar, S.Ag menjelaskan, sekarang  baru 4 hektar yang mampu ditanam keladi, kedepan, bisa bertambah 2 hektar lagi.

“Kami juga punya rencana kedepan, ada tanah wakaf kita di Pelabuhan Baru sekitar 3 hektar, kami akan bangun SPBU mini, yang khusus diperuntukkan bagi para nelayan, atau para guru. Selama ini kami melihat, nelayan sudah untuk mendapatkan solar,” katanya. (red**)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar