Hukrim

Buseet... Irwan Gunawan Tuding Razia Hunting Berujung Damai Ditempat, ini Kata Kapolres Rohil

Ilustrasi

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Masyarakat Bagansiapiapi mempertanyakan kinerja Polisi Lalulintas (Polantas) Polres Rokan Hilir (Rohil) terkait pengendara terjaring razia yang damai ditempat. Demikian dikatakan Irwan Gunawan, Rabu (24/01/2018) malam. 

Dari kesimpulan yang dapat dipahami bahwa sejumlah personil Satlantas Polres Rohil kerap meraup keuntungan saat menggelar razia dikota Bagansiapiapi. Setiap tangkapan akan berujung damai ditempat.

"Kinerja polantas polri dipertanyakan karna selama ini banyak damai ditempat jadi tidak ada masuk kekas negara makonyo gencar razia hunting ko."kata Irwan Gunawan dengan logat daerahnya melalui akun facebook disalah satu kolom komentar. 

Ada lagi, tambah Irwan Gunawan bahwa razia yang digelar pilih kasih dan petugas polantas bertindak sok -sok an, dalam upaya penangkapan pengendara sepeda motor roda dua. 

"Ado oknum aparat tak pakai helem mengapo tak ditangkok, jangan sok" menegakkan praturan kalau awak masih pilih kasih, razia hunting ko bia banyak yang tetangkok,"kata Irwan Gunawan yakin. 

Terpisah, Kapolres Rohil, AKBP Sigit Adiwimulyo menanggapi bahwa Sat lantas tidak akan tebang pilih. "Kita berusaha untuk bertindak seadil adilnya dalam penegakan hukum khususnya di bidang lalu lintas."kata Kapolres Rohil. 

Lanjut dia, Yang berhak menindak TNI adalah dari Polisi militer pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak dandim terkait dengan personel Kodim agar selalu tertib berlalu lintas. 

"Kami dari polres selaku kepanjangan dari undang- undang harus bertindak terkait dengan rendahnya kesadaran berlalu lintas di Bagan siapi api. Kita bisa melihat bersama betapa menyedihkannya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas."ujarnya. 

Tambahnya lagi, Apakah hal tersebut akan dibiarkan? Hukum tidak berlaku di bagan api?? Orang yang salah akan dibiarkan terus??tentunya tidak demikian. 

"Pada kesempatan yang baik ini saya memohon bantuan dr semua pihak untuk turut mendukung penertiban terkait pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Rohil khususnya di Bagan siapi api."pungkasnya. 

Ditempat yang sama, personil lantas Polres Rohil mengatakan bahwa pihaknya tidak bertindak secara tebang pilih namun kami bertindak sesuai dengan kewenangan serta memperhatikan batasan-batasan yang dimiliki. 

"Berkenaan dengan kegiatan kami di Rohil kami juga telah berkoordinasi dengan POM, sebagai bukti kehadiran 2 pers POM di Pos Lantas Batu Enam dan Di Polsek Bagan Api selama kegiatan."cetusnya. 

Kepada semua pihak, disampaikan bawa mohon turut serta bantuan untuk membuat masyarakat dapat tertib berlalu lintas terutama pelanggaran kasat mata. 

"Kami akan terus berusaha semaksimal mungkin melakukan penindakan pelanggaran kasat mata di seluruh wilayah Rohil agar manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat sendiri. 

Tambahnya, bahwa semua dapat melihat bersama bagaimana ketertiban masyarakat saat ini. Himbauan sudah sering dilakukan sejak dulu, spanduk sudah, razia pun juga sudah, namun apa yang sama2 kita lihat saat ini, masih banyak sekali masyarakat yang tidak mau menggunakan helm, spion melawan arus dan yang lainnya yang memang terlihat mata dengan jelas secara langsung. 

"Kegiatan ini kita lakukan dengan harapan agar masyarakat dapat tertib berlalu lintas setiap saat, baik pagi, siang, sore dan malam. Kecelakaan tidak mengenal waktu dan tempat. Semuanya bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Alangkah lebih baik kita mencegah agar kita dapat selamat dan aman di jalan, serta bila terjadi kecelakaan dpt mengurangi fatalitas yang terjadi. Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan keluarga kita, baru setelah itu kepada tetangga dan lingkungan sekitar kita."pungkasnya.

Laporan : Azmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar