SKPD

BNPB Pusat Hibahkan 1 Unit Kapal Cepat Untuk Rohil

Sekda Rohil, H Surya Arfan didampingi Kepala BPBD, H Azhar saat memantau penurunan kapal cepat BNPB di tangkahan oliong

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat memberikan bantuan hibah 1 unit kapal cepat kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Kapal tersebut akan digunakan untuk penanggulangan bencana alam diwilayah Rohil.

"Kita dapat bantuan sarana penanggulangan bencana alam berupa satu unit kapal cepat yang diperuntukan sebagai perahu evakuasi. Bantuan ini sangat mendukung upaya pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam," kata Sekda Rohil, H. Surya Arfan, saat melakukan ujicoba kapal speed tersebut di Pelabuhan Bagansiapiapi, Sabtu (6/1/2018).

Lanjutnya, atas nama pemerintah daerah, kita ucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas bantuan kapal cepat dan bantuan lainnya yang di berikan. Kapal ini sangat bermanfaat bagi BPBD Rohil dalam penanggulangan bencana didaerah dan ini baru pertama kali BPBD Rohil punya kapal cepat,".ungkap Surya Arfan.

Sekda juga mengharapkan agar BPBD Rohil dapat memanfaat sarana bantuan kapal speed tersebut sebaik mungkin serta memeliharanya dengan baik. Sedangkan untuk penggunaan kapal Surya Arfan meminta kepada pihak BPBD Rohil untuk membuat prosedur yang tepat dan tidak bisa digunakan sembarangan.

"Kita tau laut bagan ini airnya keruh dan berlumpur, secara berkala harus dirawat dan dibersihkan agar kapalnya terus terpelihara, dan untuk penggunaannya nanti BPBD Rohil harus menyiapkan prosedurnya, tidak bisa sembarangan dalam pemakaiannya," pintanya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, Azhar Ahmad mengatakan bahwa kapal bantuan tersebut dijemput ke BNPB pusat dan baru sampai hari ini.

"Kapal hibah dari BNPB pusat anggaran Tahun 2017, kapal cepat ini baru sampai pagi ini di Bagansiapiapi dan langsung diterima oleh pak Sekda, langsung di uji," Kata Azhar.

Menurut Azhar, kapal cepat berwarna orange itu akan diparkir di pelabuhan nelayan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko. Hal itu untuk memudahkan pergerakannya jika ada bencana didaerah sungai Rokan maupun di laut karena posisi parkirnya didaerah kuala Bagansiapiapi.

"Alhamdulillah hasil uji coba kapal berjalan lancar, dan rencananya kapal akan diparkir di dekat PT. Halpindo pelabuhan nelayan," ungkapnya.

Laporan : Irwansyah

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar