SKPD

Operator Desa Se-Rohil Ikuti Pelatihan Sinkeudes

Operator desa se- Kabupaten Rokan Hilir ikuti pelatihan Sistem informasi keuangan desa

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau beri pelatihan sistem informasi keuangan desa (sinkeudes) kepada seluruh operator desa se- Kabupaten Rokan Hilir.

Acara pelatihan sinkeudes dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PMD Rohil, Jasrianto, S.Sos, Selasa (31/10) di Bagansiapiaapi. Pelaksanaannya direncanakan selama 3 hari dengan mendatangkan nara sumber dari Badan Pemeriksa Keuangan Propinsi (BPKP) Riau.

"Pelatihan Sistem informasi keuangan desa (siskeudes) wajib dilakukan kepada operator desa atau kepenghuluan dilaksnakan diseluruh Kabupaten yang melaksanakan ADK atau DD," Kata Jasrianto.

Lanjutnya, Kita sudah beberapa kali melaksanakan sosialisasi ini tetapi waktu itu diberikan kepada petugas kita yang sudah mengikuti pelatihan di Propinsi, tetapi pada kenyataan masih banyak yang belum mengimput memakai sistem informasi keuangan desa dalam proses perencanaan penganggaran, dalam penata usahaan dan pembukuan," Ungkapnya.

Dikatakannya bahwa dalam hal ini pihaknya mencoba bekerja sama dengan BPKP Riau agar desa atau seluruh Kepenghuluan di Rohil dapat menginput data sistem keuangannya dan hal ini sesuai target pada tahun 2017.

"Tahun ini sudah ditargetkan seluruh kepenghuluan harus bisa memakai sistem ini, sehingga daerah kita tidak lagi ketinggalan dari daerah lain. Pada intinya proses dalam proses perencanaan sampai pembukuan itu sudah dapat melalui sistem," Pintanya.

Diharapkannya, perwakilan-perwakilan dari seluruh kepenghuluan yang notabine merupakan operator-operator kepenghuluan ini bisa menyikapi ini dengan baik sehingga seluruh kepenghuluan di Rokan Hilir ini pada Tahun 2017 sudah bisa memakai sistem informasi keuangan desa dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya masalah keuangan. (Irwan)

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar