Nasional

Sri Mulyani Punya Tugas Kejar Target Pajak Rp 1.539 T

Menteri Keuangan Sri Mulyani (foto detik.com)

JAKARTA - Kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk dan melantik Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan yang baru. ugas Sri Mulyani cukup berat, yaitu mengejar target penerimaan pajak yang tinggi.

"Tantangan Bu Sri Mulyani saya kira soal fiskal. Karena penerimaan pajak sampai Juni belum menggembirakan," tutur mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri, ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016, dicanangkan target penerimaan dari pajak adalah Rp 1.539,166 triliun.

Bila target tersebut tidak tercapai hingga akhir tahun, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah.

"Tinggal setengah tahun lagi. Sementara spending-nya (Belanja Pemerintah untuk pembangunan) signifikan. Kalau itu (penerimaan pajak) nggak dijaga, bisa menimbulkan pressure karena batasnya kan 3%," tutur dia.

Namun menurut Chatib, Sri Mulyani punya modal cukup besar dengan adanya kebijakan warisan Menteri Keuangan sebelumnya, yakni Undang-undang Tax Amnesty alias pengampunan pajak.

"Itu saya katakan, semua berharap tax amnesty bisa membantu tax collection (pengumpulan pajak). Tinggal pelaksanannya saja," tandas dia.

Sumber: detik.com


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar