MENU TUTUP

APEL SIAGA KARHUTLA, MASTON SEBUT KARHUTLA JUGA BERDAMPAK TERHADAP EKONOMI

Selasa, 19 Maret 2024 | 09:10:25 WIB
APEL SIAGA KARHUTLA, MASTON SEBUT KARHUTLA JUGA BERDAMPAK TERHADAP EKONOMI

PARLEMEN-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengelar apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karlahut) tingkat Kabupaten Rohil ditaman Budaya Purna MTQ, kawasan komplek perkantoran Batu Enam, Selasa (19/3/24) di Bagansiapiapi. Apel siaga dalam upaya peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan iyang di buka langsung oleh bupati Rohil, Afrizal Sintong ini juga di hadiri oleh Ketua DPRD Rohil Maston.

Menurut Maston siap siaga antisipasi dan simulasi Karhutla dinilai juga perlu dilakukan bagi perangkat Desa hingga Kecamatan mengingat saat ini sedang musim panas. Selain itu, untuk cegah Karhutla,  masyarakat diharapkan bersinergi dengan aparat Desa dan membuat laporan bila mana adanya terjadi kebakaran.

"Dampak dari kejadian kebakaran lahan dan hutan dimusim kemarau selama ini tak hanya menganggu kesehatan masyarakat bahkan juga turut berdampak buruk bagi perekonomian," Kata Maston. Sementara Bupati Rohil, Afrizal Sintong saat membuka apel siaga mengatakan dimusim kemarau lahan dilanda kekeringan dan kerap munculnya titik api.

"Apel siaga darurat penanggulangan Karhutla ini dilakukan untuk memastikan kesiapan satgas penanggulangan baik kesiapan peralatan maupun personil," terang bupati. Menurutnya penanggulangan bencana hakikatnya upaya untuk melindungi masyarakat dari dampak  Katlahut. Penanggulangan bencana merupakan daur program kondisi terkini, sebelumnya dan sedang terjadi.

"Bencana asap ditimbulkan oleh Karhutla setiap tahun menjadi musuh kita bersama dan sangat membutuhkan tingkat keseriusan dan sinergikan kerjasama tinggi dalam penanganannya," ungkap bupati.

Menurut instruksi presiden nomor 11 tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan jelas bupati, upaya penanggulangan Karhutla akan lebih optimal, ringan dan cepat bila terjalin kerjasama tiga unsur utama yaitu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

Untuk Kabupaten Rokan Hilir sendiri hingga saat ini, Karhutla telah terjadi di Kecamatan Kubu Babussalam, Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi. Meskipun telah dapat dikendalikan namun, ancaman bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan telah berada di depan mata.

"Apabila kondisi ini terus berlanjut, dalam waktu dekat kita juga akan menetapkan status siaga darurat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan," tegas bupati. (ADV)

Berita Terkait

Wakil Ketua DPRD Hamzah Ajak Masyarakat Rajin Cuci Tangan Antispasi Covid-19

Ketua Komisi B DPRD Rohil Gesa Penarikan Mobil Dinas

DPRD Kampar Gelar Sidang Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2021

Afrizal: Devisit Anggaran, Honorer Jangan di Jadikan Korban

Sambut Bulan Suci Ramadhan Dengan Balimau Kasai, Pj Bupati Kampar Berhilir dari Tepian Sungai Langgi

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

HUT Bhayangkara Ke-78, Kapolres Rohil Dapat Kado Kue Dari Bupati dan Dandim 0321

2

BPJS Tenaga Kerja Rohil Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Pegawai Non ASN Yang Meninggal

3

PPK KAMPAR Laksanakan Pelantikan Terhadap PPDP/Pantarlih Terpilih

4

KPU Kampar Gelar Coffe Morning dengan Insan Pers, Ini Targetnya

5

Kadis LH Suwandi Turun Langsung Bersih Bersih Kota Bagansiapiapi

6

Tiga Program Pemanfaatan Dana Desa Parit Aman, Katahanan Pangan, Fisik dan BLT

7

Buntut dari Dugaan Penyerobotan Tanah Di Labusel, Saksi SY Melaporkan Anak SU terkait Pengrusakan

8

Syafrudin Iput Ajak Masyarakat Lanjutkan Kepemimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong

9

APEL SIAGA KARHUTLA, MASTON SEBUT KARHUTLA JUGA BERDAMPAK TERHADAP EKONOMI

10

Kepengguluan Serusa Gunakan Rp411 juta Dana ADD Untuk Kegiatan Fisik