MENU TUTUP

Bupati dan Wabup Rohil Hadiri Rakornas Arahan Presiden RI di Bali

Jumat, 25 Maret 2022 | 11:12:31 WIB
Bupati dan Wabup Rohil Hadiri Rakornas Arahan Presiden RI di Bali

BALI - Bupati Afrizal Sintong SiP bersama Wabup H Sulaiman SS MH Menghadiri acara Rakornas Arahan Presiden RI Terkait Pemanfaatan Produk Dalam Negeri, dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jumat (25/03/2022).

Adapun para peserta dikoordinir oleh Kemenkomarvest melalui Biro Persidangan Istana berjumlah hampir 600an peserta.Yang terdiri dari Kementerian dan Lembaga. Seperti dari Kemenparekraf, Kemen PuPR, Kemenhan RI, Kapolri, Kemenkes, Kemdikbudristek, Kemenhub, Kemenag, Kemenkominfo, Kementan RI, Kemenkeu, Kemenperin, Kemen BUMN, Bappenas RI, Jaksa Agung, Kemendagri, Kepala BPKP, Ketua BPK RI, Kepala LKPP, Panglima TNI serta empat Menteri Kordinator seperti Menkomarves, Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkopolhukam RI.

Untuk para kepala Daerah se Indonesia ada 34 Gubernur dan 514 Bupati atau Walikota serta BUMN seperti Inalum, BRI, Telkom, Wika, Pelindo, Pupuk Indonesia, Pertamina, PLN, PTPN 3 dan sebagainya. 

Acara hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dikemas dalam "Business Matching" ini berlangsung dari tanggal 22-25 Maret 2022.

Pemerintah optimistis, dari potensi belanja pemerintah pusat dan daerah yang mencapai Rp1.071,4 triliun, sebesar Rp400 triliun di antaranya akan diserap melalui komitmen belanja produk-produk dalam negeri sepanjang tahun 2022.

Selaras dalam penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali pada 22-24 Maret 2022 lalu mendapatkan repson yang sangat positif. 

Capaian komitmen sebesar Rp214,1 triliun dalam waktu tiga hari selama pelaksanaan Business Matching Belanja ini pun dicatat Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai transaksi terbesar belanja produk dalam negeri selama tiga hari.

Presiden RI Joko Widodo juga mengharapkan Pemerintah Daerah memanfaatkan Katalog Elektronik (e-katalog) yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk belanja barang Produk Dalam Negeri atau PDN.

Dengan memanfaatkan e-katalog ini akan mempermudah lelang yang selain menghindari potensi kecurangan, juga menumbuhkan geliat UMKM.

E-katalog ini juga akan sangat bermanfaat bagi banyak pihak dalam mendukung produksi dalam negeri termasuk UMKM. Sehingga bisa meningkatkan produksi dalam negeri yang dibeli oleh pemerintah.

Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman SS MH yang didampingi oleh Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin menyampaikan "Bahwa rakor gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh kementerian perindustrian republik Indonesia  sesuai arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo bahwa Pemda akan  berkomitmen dalam menggunakan produk dalam negeri, dan ini telah jauh hari telah kita lakukan dari berbagai sektor di Kabupaten Rokan Hilir ini" 

"Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir sebagaimana Kabupaten lainnya akan berkomitmen memakai Produk Dalam Negeri, dengan melibatkan satker terkait seperti LPSE setda, Dinas Perindagsar Rokan Hilir serta lainnya, mudahan apa yang kita lakukan bisa lebih meningkatkan eksistensi produk lokal hingga bisa lebih menyemangatkan pelaku usaha khususnya di Rokanhilir yang sama kita cintai ini" pungkasnya. 

Acara ini dilaksanakan oleh Kemenkomarves sebagai teknis acara dan Kemenparekraf sebagai sponsor Kegiatan.

Hadir dari Kabupaten Rokan Hilir mendampingi Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman SS MH yaitu Kadis Perindagsar Firdaus, Kabag LPSE Andre, Kabag Protokol Mardhiah, Kabid Bappeda Aulia, Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin.(adv/zmi)

Berita Terkait

Absen di Penetapan Capres Terpilih, Sandi Tak ingin Ada Penumpukan Massa

Civitas Akademika UGM Kirim Pesan Damai Pascaaksi Ricuh 22 Mei

PDIP Minta Sikap Mega Jangan Jadi Alasan Sandi Tak Selamati Jokowi

Cari Heli yang Hilang Kontak di Papua, TNI Kerahkan Heli Bell-Pesawat

Diimbau Prabowo Tak Aksi di MK, Abdullah Hehamahua: Kami Tampung Aspirasi Rakyat

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Raih Berkah Ramadhan, KONI Rohil Bagikan 500 Paket Takjil dan Buka Puasa Bersama

2

Kominfotiks Rohil Gelar Pertemuan Dengan Puluhan Organisasi Pers, Ini Yang Dibahas

3

Bupati Rohil Salurkan Bantuan Operasional Masjid Mujahidin Sungai Nyamuk

4

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Operasional 3 Rumah Ibadah dan Klaim BPJS

5

DPD PPPI Provinsi Riau Lakukan Audiensi Dengan Pj Walikota Pekanbaru

6

Upaya Pemkab Kampar Tekan Angka Inflasi, Gelar Operasi Pasar Murah Di Bawah Harga Pasar.

7

Raih Piala Adipura, Pemkab Rohil Akan Adakan Kirab Piala Adipura Keliling Kota Bagansiapiapi

8

Cegah kerusakan ekosistim mangrove, Komisi IV DPR propinsi Riau tanggapi laporan

9

Pemkab Kampar Ikuti Rakor Perkembangan Penyelesaian Aset Bermasalah Tahun 2024 di Provinsi Riau

10

Bupati Rohil Buka Secara Resmi Pasar Ramadhan 1445 H