MENU TUTUP

Bahaya Gadget Bagi Anak, Dari Fisik Sampai Psikis

Ahad, 07 April 2019 | 11:50:01 WIB
Bahaya Gadget Bagi Anak, Dari Fisik Sampai Psikis Ilustrasi pemakaian gadged oleh anak

Kita tahu, gadget saat ini tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat untuk menjalani kesehariannya. Penggunaan gadgetbahkan juga sudah mulai mewabahi anak-anak. Padahal, sebagian orangtua mungkin sudah menyadari tentang dampak maupun bahaya gadget bagi anak.

Penggunaannya yang berlebihan tentu bisa menimbulkan dampak buruk, bagi kesehatan fisik maupun mental anak.

Bahaya gadget bagi anak jika digunakan berlebihan

Seorang Associate Professor of Paediatrics di Bangkok, Dr. Rawat Sichangsirikarn mengatakan bahwa ponsel memang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan bantuan gadget, kita dapat memeroleh informasi baru dan berkomunikasi dengan cepat. Namun di sisi lain, mereka punya efek samping yang berbahaya.

Dampak tersebut begitu serius ketika para orangtua mengizinkan anak-anak mereka menggunakan teknologi gadget, termasuk ponsel atau tablet untuk jangka waktu yang lama. Hal tersebut akan menimbulkan bahaya gadget bagi anak. Screen time yang berlebihan dapat menimbulkan risiko serius pada kesehatan fisik maupun mental anak.

Menggunakan aplikasi yang kurang aman bagi si kecil dan kebebasan akses internet yang tanpa batas juga dapat membahayakan mereka. Misalnya, mereka dapat mengakses jejaring sosial yang berbahaya dan tidak pantas, atau terpapar situs web pornografi atau ancaman  pemangsa pedofil.

Cara gadget memengaruhi perkembangan anak

Bahaya gadget bagi anak bisa dirasakan ketika mereka menggunakan gadget terlalu lama. Mereka dapat memengaruhi kesejahteraan fisik, mental, dan emosional anak dalam berbagai cara.

Kesehatan fisik

Menatap layar ponsel pintar dan gadgetuntuk jangka waktu yang lama meningkatkan risiko gangguan mata, seperti miopia dan mata lelah.Anak-anak dapat mengalami kurang tidur dan kurang bisa fokus. Hal ini mengarah pada siklus tidur yang tidak sehat karena anak-anak lebih mengantuk pada siang hari dan kurang tidur di malam hari. Bahkan, jika setiap 15 menit anak menggunakan perangkat pintar, artinya mereka kehilangan 60 menit waktu tidur.Anak-anak yang usianya lebih kecil bisa mengembangkan gangguan keterlambatan bicara yang lebih lama seiring dengan meningkatnya screen time.Anak-anak dapat mengalami berbagai masalah fisik, seperti peningkatan berat badan karena kurang gerak, insomnia, sakit kepala, nutrisi yang buruk, dan masalah penglihatan.


Kesehatan mental

Bahaya gadget bagi anak dapat menimbulkan masalah kesehatan mental dan perubahan perilaku, hingga depresi.Mereka mungkin juga menjadi agresif dan mudah tersinggung jika orangtua tidak memberi mereka akses menggunakan ponsel atau tablet. Iritabilitas juga akan mempengaruhi keterampilan lainnya, khususnya dalam hal menahan diri, berpikir, dan mengendalikan emosi. Padahal, keterampilan ini membentuk dasar untuk kesuksesan di masa depan.Anak-anak dapat mengembangkan berbagai masalah mental, seperti kecemasan, kesepian, rasa bersalah, isolasi diri, depresi, dan perubahan suasana hati. Paparan terhadap gadget juga dapat meningkatkan risiko ADHD dan autisme pada anak-anak.

Keterampilan Umum

Anak-anak yang terpapar gadget pintar untuk waktu yang lama bisa kehilangan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dasar penting lainnya.

Misalnya, mereka tidak belajar bermain secara mandiri atau dengan teman sebaya mereka, mereka kehilangan kesempatan belajar untuk berpikir secara mandiri, kehilangan waktu membaca dan menulis. Ini adalah keterampilan sosial yang sangat penting untuk pertumbuhan di masa depan.

Jadi mulai sekarang, batasi waktu bermain gadget untuk si kecil ya, Bun!

Berita Terkait

Rapat Koordinasi Pengelolaan Kehumasan dan Media Sosial Bawaslu se-Provinsi Riau Tahun 2022

Keluarga Besar Omputaka Gelar Silaturrahim Bersama

PKSmuda Rohil Himbau Masyarakat Jauhi Maksiat Jelang Pergantian Tahun

Terkait Berdirinya Bangunan Pasca Eksekusi, Ini Jawaban Juru Bicara Humas PN Rohil

Babinsa Koramil 01 Bangko Panen Padi Bersama Petani

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

2

Divisi HP2H Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

3

Rekonstruksi Pembunuhan Anak Dibawah Umur, Ini Harapan Keluarga Korban dan Kuasa Hukum

4

Ketua DPRD Rohil Maston Pimpin Rapat Bersama Sekretariat DPRD

5

Bupati Bengkalis Terima Dua Penghargaan dari Kemenkeu RI

6

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Rohil dirangkai Dengan Pengarakan Piala Adipura

7

Tanggapan KPU Kampar Melalui Divisi Hukum dan Pengawasan, Terkait Keputusan MK Tolak 2 Pemohon

8

Rumah Zakat Berpartisipasi dalam Aksi Peduli Palestina Koalisi Riau Selamatkan Palestina

9

Dimeriahkan Dewi KDI, KPU Kampar Laksanakan Peluncuran Pilkada Tahun 2024

10

Pemetaan TPS, KPU Kampar Terus Matangkan Persiapan Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024