MENU TUTUP

Bupati Rohil Minta Penghulu Lebih Kreatif Dan Inovatif

Jumat, 26 Januari 2018 | 19:31:30 WIB
Bupati Rohil Minta Penghulu Lebih Kreatif Dan Inovatif Bupati Rohil, H Suyatno saat melantik Penghulu Se-Kecamatan Pujud

PUJUD, WAWASANRIAU.COM - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H Suyatno mengharapkan para Datuk Penghulu menjadi pemimpin yang kreatif dan Inovatif dalam memimpin desa. Demikian hal itu disampaikan Bupati pada acara pelantikan Penghulu di Kecamatan Pujud, Jumat (26/1/2018).

Bupati Rohil, H Suyatno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setingginya kepada para Penghulu dan penjabat Penghulu sebelumnya, BPK serta panitia Pilpeng atas jasa dan pengabdiannya selama memimpin di Kepenghuluan masing-masing, semoga apa yang telah dikerjakan menjadi amal ibadah.

"Dengan terpilihnya para Datuk Penghulu menjadi harapan besar masyarakat akan adannya perubahan yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam menjalankan kepemimpinannya kepala desa dituntut untuk lebih  kreatif dan inovasi," kata Bupati Rohil, H Suyatno.

Selanjutnya H. Suyatno juga memaklumkan bahwa hakekat demokrasi pada tingkat Desa dapat terlihat dalam pelaksanaan pemilihan Penghulu, dimana semua komponen masyarakat di dalamnya terlibat sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing. Keterlibatan tersebut, mencerminkan adanya kesadaran warga masyarakat di kepenghuluan dalam menentukan pemimpin mereka.

"Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan, Penghulu merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggungjawaban setiap kebijakan yang akan diambil, diharapkan 3 bulan setelah pelantikan, Pejabat  Penghulu harus segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah Kepenghuluan (RPJMPeng) untuk jangka waktu 5 tahun," terang Bupati.

Ditambahkan Bupati, sebagai implementasinya  APBD Peng yang merupakan rencana keuangan tahunan kepenghuluan yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah kepenghuluan dan Badan Permusyawaratan Kepenghuluan (BPK) ditetapkan melalui  peraturan kepenghuluan, dan harus dikelola  berdasarkan azas transparan, akuntabel dan partisipatif.

"Sebagai penghulu, saudara mempunyai kewenangan untuk mengatur kehidupan masyarakat yang di tuangkan  dalam peraturan kepenghuluan. Dengan kewenangan tersebut saudara semestinya bisa lebih kreatif untuk mewujudkan harapan masyarakat dan tidak hanya mengandalkan bantuan pemerintah," pinta Suyatno.

Dalam menjalankan tugas menyelenggarakan urusan pembangunan, penghulu dituntut untuk mampu menggali dan mencelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki. selain kemampuan dalam mengelola potensi yang dimiliki, Penghulu juga harus mampu mensinergikan antara potensi dan program pemerintah kepenghuluan dengan program pemerintah yang diterima oleh kepenghuluan.

Sebagai lembaga pemerintahan yang berada digaris terdepan, dikatakan Bupati bahwa penilaian terhadap aparat pemerintah Kepenghuluan dapat berpengaruh terhadap penilaian kepada pemerintah secara umum.  Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh jajaran pemerintah Kepenghuluan untuk dapat memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat.

"Saat ini kita telah berada di tahun  2018, yang juga disebut sebagai “Tahun Politik”, dimana beberapa agenda nasional saling bersambut, hal ini ditandai dengan Pemilihan Gubernur Riau, yang pada bulan Februari 2018 dimulai masa kompanye dan diakhiri pada bulan Juni 2018. Perlu saya ingatkan, kepada para Camat, ASN serta para Datuk Penghulu, untuk tidak terlibat pada politik praktis, karena hal tersebut mempunyai kosekwensi hukum yang dapat menyulitkan pengembangan karier saudara dimasa yang akan datang," harapnya.

Mengakhiri sambutannya H. Suyatno  mengucapkan selamat kepada para Penghulu yang hari ini dilantik. dengan harapan semoga pelantikan hari ini dapat saudara jadikan sebagai langkah awal dalam mengabdikan diri kepada bangsa, negara dan  masyarakat.

Diharapkan Penghulu agar terus memegang teguh kepercayaan masyarakat. dan hindari tindakan yang merugikan masyarakat maupun yang bertentangan dengan ketentuan yang berlaku, pungkas H. Suyano.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD rohil H Nasrudin Hasan,  Dandim 0321 Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Anggota DPRD Rohil Asal Kecamatan Pujud, Ka OPD Pemkab Rohil Camat Pujud, Camat Tanjung Medan, Kapolsek, Danramil, Datuk Penghulu,Tokoh Masyarakat, serta Undangan.

Pejabat Penghulu yang dilantik yaitu Sri Astuti Penghulu Teluk Nayang, Azhar  Penghulu Air Hitam, Ramlan Penghulu Sungai Pinang dan Darmalis, SE  sebagai Penghulu Siarang-arang. (rilis/Irwan)

Berita Terkait

Bupati Rohil Lantik 10 Penghulu Terpilih Di Kecamatan Kubu Dan Kuba

Pemkab Rohil Bersama RSUD Dr.Pratomo Akan Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

Dinas PUPR Rohil : Jembatan Besi Dijalan Bintang Saat Ini Sedang di Perbaiki

Sertijab, HM Rusli Syarief: Jangan Bekerja Hanya Katanya, Katanya

Bupati Rohil Lantik Camat Dan 3 Penghulu Kecamatan Batu Hampar

TULIS KOMENTAR
TERPOPULER +
1

Raih Berkah Ramadhan, KONI Rohil Bagikan 500 Paket Takjil dan Buka Puasa Bersama

2

Kominfotiks Rohil Gelar Pertemuan Dengan Puluhan Organisasi Pers, Ini Yang Dibahas

3

Bupati Rohil Salurkan Bantuan Operasional Masjid Mujahidin Sungai Nyamuk

4

Bupati Rohil Serahkan Bantuan Operasional 3 Rumah Ibadah dan Klaim BPJS

5

DPD PPPI Provinsi Riau Lakukan Audiensi Dengan Pj Walikota Pekanbaru

6

Upaya Pemkab Kampar Tekan Angka Inflasi, Gelar Operasi Pasar Murah Di Bawah Harga Pasar.

7

Raih Piala Adipura, Pemkab Rohil Akan Adakan Kirab Piala Adipura Keliling Kota Bagansiapiapi

8

Cegah kerusakan ekosistim mangrove, Komisi IV DPR propinsi Riau tanggapi laporan

9

Pemkab Kampar Ikuti Rakor Perkembangan Penyelesaian Aset Bermasalah Tahun 2024 di Provinsi Riau

10

Bupati Rohil Buka Secara Resmi Pasar Ramadhan 1445 H