Politik

Panwascam Kampar Monitoring Tahapan Perekrutan Pantarlih/PPDP untuk Pilkada Tahun 2024

Kampar(WRC) - Hari ke 4 dalam Tahapan Perekrutan Petugas Pantarlih/PPDP(Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) untuk Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2024 Ketua Panwascam Kampar  melakukan agenda monitoring ke beberapa wilayah diantaranya Desa Air Tiris, Pulau Jambu, Ranah, Ranah Baru, Bukit Ranah, Ranah Singkuang, Minggu (16/6/2024).

Ketua Panwascam Kampar Dahrizal, didampingi oleh Yesi Susanti, Jufrizal, Muhammad Hidayat selaku Staff Panwascam Kampar 

Dahrizal mengatakan, agenda ini dalam rangka mengawasi tahapan Pilkada 2024, yang mana, kata Dahrizal, sampai saat ini penyelenggara Pilkada sudah dalam tahapan pengawasan penerimaan calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih(PPDP) atau Pantarlih.

"Kami sebagai pengawas melakukan monitoring dalam rangka pengawasan tahapan penerimaan calon Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, dalam pertemuan tadi kami juga menghimbau baik itu PPK maupun PPS dalam menerima calon Pantarlih itu harus berpedoman kepada PKPU nomor 638 tentang syarat-syarat rekrutmen calon petugas Pantarlih," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Dahrizal, selama masa tahapan panwascam Kampar akan terus melakukan pengawasan penerimaan calon Pantarlih, pihaknya akan mengawasi dan memonitoring beberapa hal dan juga apakah dalam penerimaan calon petugas Pantarlih sudah sesuai dengan PKPU nomor 638 tentang syarat-syarat rekruitmen calon Pantarlih.

"Pertama kalau dilihat dari segi administrasi calon Pantarlih berusia paling rendah 17 tahun, kemudian harus berdomisili di tempat  wilayah kerjanya, berpendidikan minimal SLTA sederajat, kemudian tidak menjadi anggota atau terdaftar di partai politik, dan tidak ada hubungan perkawinan sesama penyelenggara di Pantarlih," ungkap Dahrizal.

"Kita ingin orang-orang yang Profesional yang terpilih untuk Pantarlih Pilkada Serentak nanti," sambungnya.

"Itulah yang terus kita sosialiasi kepada masyarakat dan kita edukasi jangan ada lagi politik uang. Kami Panwaslu Kecamatan Kampar juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam mengawasi proses Pilkada serentak 2024. Jika ada nanti melihat pelanggaran yang dilihat oleh masyarakat di lapangan jangan takut dan segan-segan melaporkan kepada kami," ungkapnya.(Jhon)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar