UNRI posisi ke-19 diantara 54 Perguruan Tinggi di Indonesia

Universitas Riau terdaftar pada jurnal Scopus ditulis "Universitas Riau", bukan "University of Riau"

ilustrasi

PEKANBARU.WAWASANRIAU.COM - Universitas Riau (UNRI), beberapa waktu lalu masuk dalam daftar Perguruan Tinggi yang diperhitungkan. Pasalnya, UNRI memperoleh peringkat ke-21 terbaik di antara seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, dan merupakan peringkat ke-2 di Sumatera berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh dua lembaga, yaitu QS World University Rangking dan Webometrics.

UNRI ditempatkan pada posisi ke-19 diantara 54 Perguruan Tinggi di Indonesia yang terdaftar di Scopus. jumlah jurnal internasional dari dosen UNRI yang terdaftar di Scopus sebanyak 263 disumbangkan oleh 50 orang dosen UNRI. Scopus memang dikenal juga sebagai pusat data terbesar dunia, mencakup puluhan juta literatur ilmiah terdiri dari jurnal internasional, buku, makalah konferensi, dan paten.

Seiring dengan hal tersebut, pemeringkatan ini merupakan batu loncatan atas kemajuan dan penilaian UNRI untuk lebih baik, seperti meningkatkan jumlah penelitian atau jurnal yang terindek pada jurnal Nasional maupun Internasional, baik itu Scopus ataupun tidak.

Rektor Universitas Riau melalui Wakil Rektor Bidang Akademis Universitas Riau, Prof Dr Ir Thamrin MSc menghimbau kepada seluruh dosen atau tenaga pengajar di Universitas Riau yang menerbitkan jurnal di Scopus, agar teliti dalam memperhatikan penulisan nama Institusi pada Jurnal, baik skala nasional maupun internasional.

Karena Universitas Riau yang terdaftar pada jurnal Scopus ditulis "Universitas Riau", bukan "University of Riau" atau "Riau University".

"Untuk penulisan nama institusi, yang terdaftar di indeks Scopus adalah "Universitas Riau", bukan "University of Riau" ataupun "Riau University". Selama ini, telah banyak tenaga pendidik yang ada UR yang melakukan penelitian, namun sangat disayangkan ada sekitar 100 jurnal Scopus yang harusnya dapat menambah jumlah jurnal dari Universitas Riau yang terindeks pada Scopus, namun tidak terindeks hanya karena salah dalam menentukan nama institusi, yang semestinya "Universitas Riau", ungkap Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini mengingatkan.
 
"Lebih lanjut, informasi ini nantinya akan kembali diperkuat melalui surat edaran resmi yang akan dikeluarkan oleh Rektor Universitas Riau dalam waktu dekat", tutup Thamrin. (Fie/hlc/humas)
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar