Advertorial

Melirik Objek Wisata Pulau Jemur dan Penyu Hijau Jadi Andalan Pemkab Rohil

Rokan Hilir, WAWASANRIAU.com - Sektor kepariwisataan yang menjadi salah satu sumber pendapatan daerah semakin menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir (Rohil)

Seperti halnya keindahan Pulau Jemur dan penyu hijau merupakan Objek Andalan Wisata di Rohil tepatnya di Kepenghuluan Pulau Jemur Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rohil.

Meski Objek Wisata ini tidak begitu populer di Sumatera, tapi keindahan alam di Pulau ini tidak bisa di anggap sepele.

Nama Pulau Jemur juga lekat dengan istilah 'Pak-ku' yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah 'Pak-ku' hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau.

Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rohil, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya.

Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, di samping itu Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.

Penyu Hijau adalah hewan langka yang di lindungi oleh Pemerintah. Jika anda ingin berwisata di pulau ini, anda bisa melihat langsung penyu hijau terutama di malam hari.

Di kawasan Pulau Jemur ini memang sudah di programkan oleh pemerintah kabupaten rokan hilir penangkaran penyu hijau.

Selain dari pada itu, pemerintah kabupaten Rohil juga telah membangun sarana dan prasarana  infrastruktur di Pulau Jemur, seperti tangkahan apung, mess pemda rohil, perumahan layak huni, dan tower.

Pulau Jemur ini sudah kerap kali di kunjungi oleh orang- orang tertentu, seperti para pejabat pemerintah daerah dilingkungan pemkab rohil, pejabat provinsi riau serta pejabat pusat.

Selain itu, beberapa investor lokal, maupun internadional juga telah melirik pulau bersejarah itu untuk di jadikan objek Wisata. (Adv/Pemkab Rohil)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar