Lancang Kuning

Tim Surveyor Akreditasi Lakukan Penilaian Terhadap RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi

ROKAN HILIR (WRC) - Tim Surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) melakukan survey dan penilaian terhadap RSUD DR. Pratomo Bagansiapiapi dengan mentelaah dokumen dan telusur lapangan di area Rumah Sakit DR. Pratomo Bagansiapiapi.

Rangkaian kegiatan penilaian akreditasi ini dikatakan direktur RSUD Pratomo Banga siapi-api, Tri Buana Tungga Dewi diselenggarakan mulai hari Senin 12  Desember sampai hari Jumat 16 Desember 2022.

Direktur RS Dr. Pratomo Bagansiapiapi, dr. Tri Buana Tungga Dewi juga mengatakan, penilian akreditasi ini dilakukan untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien, sehingga perlu adanya survey akreditasi oleh Tim dari KARS.

"Dengan adanya penilaian akreditasi ini, Tim Surveyor akan melihat apakah Rumah Sakit Dr Pratomo Bagansiapiapi ini sudah menjalankan dan mengimplementasikan peraturan yang berlaku berdasarkan elemen penilaian yang sudah ditetapkan," kata Tri Buana Tungga Dewi saat dikonfirmasi Kamis (15/12/2922) di RSUD Dr Pratomo Jalan Pahlawan Bagansiapiapi, Rohil.

Penilaian yang dilakukan tim Surveyor mencakup tentang tata kelola rumah sakit (TKRS), manajemen fasilitas dan keselamatan (MFK), peningkatan mutu dan kualitas pasien (PMKP), akses dan kontinuitas pelayanan (AKP), pendidikan dalam pelayanan kesehatan (PDPK), pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI), manajemen rekam medik dan informasi kesehatan (MRMIK), hak pasien dan keluarga (HPK), pengkajian pasien (PP), pelayanan dan asuhan pasien (PAP), program nasional (PN), sasaran keselamatan pasien (SKP), pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat (PKPO).

"Untuk kreteria penilaian ada sekitar 13 item, dari mulai management, pelayanan sampai pada pelaksanaan program nasional. Dan inti dari semua penilaian tersebut untuk meningkatkan  mutu pelayanan kesehatan serta keselamatan pasien ," terangnya.

Lanjutnya lagi, " Harapan saya kedepannya, dengan terakreditasi nya Rumah Sakit ini maka mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit DR. Pratomo Bagansiapiapi Ini menjadi lebih baik kedepannya dan tentunya keselamatan pasien lebih meningkat serta terjaga. Serta yang terpenting dari akreditasi bukan sekedar nilai tapi akreditasi ini sudah menjadi perbaikan prilaku insan rumah sakit ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, " harapnya.

Pada kesempatan tersebut tampak Bupati Rohil, Afrizal Sintong sebagai kepala daerah dan pemilik RSUD Pratomo turut hadir meninjau dan melakukan wawancara dengan tim surveyor terkait fasilitas RS kedepannya.

Apa yang menjadi temuan tim surveyor akreditasi terkait fasilitas RS. DR Pratomo Bagansiapiapi akan  di dipenuhi kedepannya oleh Pemkab Rohil dalam upaya  meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  (Irwansyah)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar