Lancang Kuning

Dua Tahun Kepemimpinan Afrizal Sintong, Pemkab Rohil Raih Berbagai Penghargaan

ROKAN HILIR (WRC) - Sejak dilantik pada 8 Juni Tahun 2021 oleh Gubernur Riau, pasangan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, S.IP - H. Sulaiman, SS, MH sampai Tahun 2022 ini belum genap dua tahun menjalankan pemerintahan di Rokan Hilir, Namun berbagai penghargaan sudah diraih di masa kepemimpinannya.

Berbagai Penghargaan yang diraih Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) baik ditingkat Provinsi Riau maupun tingkat Nasional merupakan bukti keseriusan dari Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah bersama jajaran OPD dalam menjalankan roda pemerintahan untuk menuju perubahan yang lebih baik sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah.

Dari hasil kinerja pemerintahan Rokan Hilir dibawah kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman yang belum genap dua tahun ini, Pemkab Rohil baru baru ini mendapatkan penghargaan BKN Award dari Badan Kepegawaian Negara pada Tanggal 18 Oktober 2022) di Kantor BKN Regional XII Pekanbaru.

BKN Award tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BKN Dr Ir Bima Harus Wibisana MSIS kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wakil Bupati H Sulaiman. Selain Rohil yang dapat penghargaan dari BKN Award 2022 ini juga diberikan kepada Pemprov Riau, Pemkab Dumai, Pelalawan, Kampar dan Inhil.

Untuk Kabupaten Rohil  mendapatkan BKN Award dengan kategori Pemerintah Kabupaten wilayah barat tipe besar,  karena berhasil atas capaianya dalam perencanaan kebutuhan dan mutasi Kepegawaian.

BKN Award 2022 merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN bagi pengelola kepegawaian di lingkup Instansi Pusat dan Instansi Daerah.

Hj Anna Hasnah Hasaruddin SE MM Kepala Kantor Regional XII BKN mengatakan, Kanreg BKN XII yang meliputi Provinsi Riau, Kepri dan Sumatera Barat sudah memperoleh 29 Award sepanjang Tahun 2022. Untuk kali ini, BKN akan  memberikan 7  Award kepada 6 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau.

Atas penghargaan itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengungkapkan bahwa hal itu tidak terlepas dari peran aktif Badan Kepegawaian dan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Rokan Hilir yang bekerja keras dalam memberikan pelayanan kepada ASN.

"Dengan diberikan pelayanan terbaik kepada ASN, tentunya para ASN bisa lebih fokus bekerja untuk memberikan pelayanan terbaik pula kepada masyarakat Rokan Hilir," kata Afrizal.

* Rohil Raih Penghargaan Opini WTP Tahun 2022 

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk Laporan Keuangan tahun 2021. BPK menilai, Pemkab Rohil sangat baik dalam membuat Laporan Keuangan.

Penghargaan untuk Pemkab yang dipimpin Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman SS MH diserahkan pada Tanggal 17 Mei 2022 di Pekanbaru oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat SE, MSi Ak, CSFA, CA kepada Ketua DPRD dan Bupati masing-masing daerah. Khusus untuk Rohil diserahkan kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Ketua DPRD, Maston.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau, Widi Widayat menyebutkan, penghargaan diberikan dalam rangka amanat Undang-Undang Nomor : 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan Dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

"BPK Perwakilan Provinsi Riau menerima laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemda Tahun 2021 kepada pimpinan DPRD lima daerah, satu diantaranya Rohil,'' ucap Widi.

Lanjutnya, ''Pemeriksaan laporan keuangan bertujuan memberikan opini atas laporan keuangan yang merupakan pernyataan profesional sebagai kesimpulan pemeriksa mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dan pengelilaanya dan Pemkab Rohil tahun ini kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, " sebutnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengucapkan rasa syukur atas penghargaan WTP dari BPK RI Perwakilan Riau yang diterimanya.

"Apa yang diberikan dan WTP yang kita terima ini berdasarkan atas kesesuaian laporan keuangan dengan Standart Akuntansi Pemerintah (SAP), efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), kepatuhan terhadap Peraturan Perndang-undangan serta pengungkapan dalam laporan keuangan yang baik,'' sebut Afrizal Sintong.

"BPK RI juga mengharapkan hasil pemeriksaan ini dapat memenuhi harapan seluruh pemilik kepentingan demi terciptanya akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah yang lebih baik. Kita upayakan menjadi yang terbaik kedepannya , '' harap Afrizal Sintong.

Aftizal Sintong menegaskan bahwa opini WTP atas LKPD 2021 diraih berkat kerja keras dan komitmen seluruh stakeholder di Rohil dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dengan baik. Dan ucapan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Riau dalam memeriksa dan memberikan bimbingan kepada Pemkab Rohil dalam upaya perbaikan sistem laporan keuangan daerah.

* Pemkab Rohil Terima Penghargaan Keberhasilan Lingkungan dan Raih Juara Pertama Lomba Kota Bersih

Selain menerima penghargaan BKN Award dan Opini WTP Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dimasa Kepemimpinan Bupati Afrizal Sintong - H. Sulaiman juga mendapatkan penghargaan dibidang kebersihan lingkungan pada saat  menghadiri acara Hari Konservasi Alam Nasional Ke 13 yang di pusatkan di Taman Hutan Raya yang berlokasi di Kecamatan Minas Kabupaten Siak Propinsi Riau pada Tanggal  14 Agustus Tahun 2022 lalu.

Bertepatan dengan memperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang ke13 dan sebagai bentuk memasyarakatkan tentang konservasi alam perlu dilestarikan sebagai penyangga setiap kehidupan di dunia maka pemerintah provinsi Riau yang juga masih dalam suasana Hari jadi yang ke 65 memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang berhasil meningkatkan pengelolaan kebersihan dan keteduhan untuk kategori Kabupaten atau Kota yang ada se Provinsi Riau. 

Dari Kabupaten dan Kota yang ada se- Provinsi Riau terdapat enam kabupaten yang meraih penghargaan Lomba kebersihan Kota yaitu Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan serta Kabupaten Kuansing. 

Dalam hal ini Kabupaten Rokan Hilir meraih peringkat Pertama. Selain itu juga kabupaten Rokan Hilir mendapatkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau 2022 yang mana ada lima sekolah yang meraih prestasi tersebut yakni SDN 003 Sei Menasib, SDN 010 Bangko Sempurna, SDN 007 Tangga Batu, SMPN 02 Bangko, SMAN 05 Bagan Sinembah. 

Pada kesempatan ini Bupati Afrizal Sintong SiP yang didampingi oleh Kadis DLH Rokanhilir Suwandi S.sos serta Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam memperjuangkan kebersihan lingkungan dan penghijauan.

 "Luar biasa buat Kabupaten Rokan Hilir, ini kita raih atas kerja keras dan niat baik kita semuanya, terutama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir. Semoga ke depannya bisa kita pertahankan bahkan lebih kita tingkatkan lagi, " kata Afrizal Sintong.

* Penghargaan Dari MNC Portal Indonesia Sebagai Kepala Daerah Inovatif 

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berhasil meluncurkan inovasi dan layanan program kebersihan wilayah hingga meraih penghargaan Kabupaten terbersih se Provinsi Riau dari MNC Portal Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Rohil Afrizal Sintong saat dikonfirmasi melalui Kadiskominfotiks Indra Gunawan SE pada Tanggal 21 September Tahun 2022 lalu.

"Alhamdulillah dibawah kepemimpinan pak Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman Kabupaten Rohil berhasil meraih penghargaan kepala Daerah Inovatif dari MNC Portal Indonesia, " kata Indra Gunawan. 

Penyerahan plakat kepada Bupati Rohil berlangsung pada Tanggal  22 september 2022 di Kuil Sam Po Kong Semarang.

"Ada puluhan Bupati, Gubernur dan Walikota yang akan mendapatkan penganugerahan oleh MNC Portal Indonesia. Untuk Provinsi Riau sendiri hanya Kabupaten Rohil, " ungkap Indra Gunawan. 

Indra Gunawan menerangkan, keberhasilan Kabupaten Rohil sendiri dibawah kepemimpinan Afrizal Sintong - H Sulaiman dinilai dari meningkatnya pengelolaan kebersihan dan keteduhan di Kabupaten Rohil, terlihat mulai dari ibu kota Bagansiapiapi yang bersih dan rapi sehingga menjadi atmosfir baru disetiap jalan dan sudut kota.

"Bahkan taman wisata baru turut meramaikan sejumlah kawasan. Sehingga, membuat suasana menjadi lebih segar ditambah lagi dengan adanya hiasan lampu yang kian semarak dan menambah estetika tersendiri bagi wilayah Kabupaten Rohil," jelasnya. 

Indra Gunawan juga menambahkan, event yang telah memasuki tahun ke-9 MNC  portal Indonesia ini memberikan apresiasi terhadap kepala daerah di pemerintahan provinsi, kota dan kabupaten atas keberhasilan inovasi dan prestasi dalam memajukan daerah yang dipimpin. (Adv Pemkab Rohil)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar