Lancang Kuning

Gubernur Riau Lepas Peserta Pawai Ta'aruf MTQ Riau Ke - XL di Bagansiapiapi

Gubernur Riau, H. Syamsuar di dampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong saat melepas peserta pawai ta'aruf MTQ Riau Ke XL di Bagansiapiapi, Rohil
ROKAN HILIR, (WRC) -  Gubernur Riau H. Syamsuar di dampingi Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong secara resmi melepas peserta pawai ta'aruf MTQ Propinsi Riau Ke - XL  Tahun 2022 yang di ikuti ribuan peserta pawai dari mulai official, peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) serta pengembira dengan iringan berbagai miniatur ciri khas daerah masing - masing pada hari Ahad ( 24/7/2022) di kawasan perkantoran Batu Enam Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir.
 
Peserta pawai ta'aruf yang di ikuti 12 Kabupaten/Kota se-Riau dengan menampilkan ciri khas dan keunggulan masing-masing daerah. Tampak ribuan warga yang tumpah ruah ke jalan menyaksikan peserta pawai ta'aruf saat beratraksi di sepanjang rute yang telah ditentukan panitia pawai.
 
Para peserta pawai terlihat bersemangat saat melintasi podium utama sambil melakukan atraksi serta melambaikan tangan kearah podium utama dimana Gubernur Riau dan para Bupati/ Wali Kota Se - Riau berada. 
 
Saat peserta pawai dari masing masing kabupaten melintasi podium utama, sang narator dari setiap Kabupaten menyampaikan narasi tentang sejarah, potensi daerah, maupun kebudayaan dari daerahnya.
 
Gubri mengatakan, bahwa pawai ta’aruf merupakan tradisi masyarakat dalam menyambut pelaksanaan MTQ setiap tahunnya, dan sudah menjadi agenda rutin dilaksanakan.
 
"Kita baru saja melepas peserta pawai ta'aruf, tentu kita berharap MTQ tahun ini berjalan lancar dan sukses," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan bahwa pawai taaruf merupakan rangkaian MTQ ke 40 tahun 2022. Dimana katanya, pelaksanaan taaruf yang sering dimaknai sebagai ajang silaturahmi antara kafilah dan merupakan syiar islam. 
 
Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh kontingen yang telah hadir dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau di Bagansiapiapi. 
 
"Kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja keras dalam menyiapkan dan mensukseskan perhelatan MTQ ini tentunya kami ucapkan terimakasih," sebut Bupati. 
 
Untuk diketahui, MTQ XL Provinsi Riau dimulai 24 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022 mendatang. Dengan diikuti 583 orang peserta, berasal dari 12 kabupaten/kota di Riau.
 
Adapun rincian peserta tersebut berasal dari Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 orang, Indragiri Hilir 52 orang, Indragiri Hulu 52 orang, Kampar 53 orang, Kepulauan Meranti 14 orang, Kuantan Singingi 52 orang.
 
Kemudian, Kabupaten Pelalawan 52 orang, Rokan Hilir 55 orang, Rokan Hulu 53 orang, Siak 53 orang, Dumai 44 orang, dan kota Pekanbaru 53 orang. (Irwan)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar