Gagasan

Universitas Abdurrab Riau Sosialisasikan Perbaikan Status Gizi Stunting Dengan Formula Biskuit Tepun

Tim dosen Universitas Abdurrab Pekan Baru dan UIR sosialisasikan pencegahan stunting di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir, Rohil
 
BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU.COM - Tim Dosen FFIK Universitas Abdurrab Pekan Baru bersama Dosen Fakuktas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR) melakukan kegiatan sosialisasi tentang perbaikan status gizi Stunting dengan formula biskuit tepung tulang ikan patin serta penyuluhan 1000 hari pertama kehidupan dan Stunting di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada hari Kamis, (23/12/2021) lalu. 
 
Hadir pada acara tim dosen FFIK  Universitas Abdurrab Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Pekan Baru dan UIR, Ketua Tim dan Narasumber, Dewi Sartika Siagian, SST, M.Keb, Narsum Apt. Wahyu Margi Sidoretno, M.Farm, Siti Qomariah, SST, M.Kes, Sara Herlina, SST, M.Kes, Nurmaliza, SST, M.Kes, Wiwi Sartika, SST, M.Kes, Nova Relida, SST.FT, M.Fis dan Adelina Maryanti, S.Si, M.Sc. (Agroteknologi), Penghulu Labuhan Tangga Hilir, Tarmizi,SH, Perwakilan Puskesma Bagan Punak dan masyarakat Labuhan Tangga Hilir.
 
Pembawa acara Nurmaliza, SST, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh tim dosen Universitas Abdurrab dimana Universitas ini merupakan salah satu penerima Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021. Salah satu tujuannya adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS).
 
"Kegiatan ini dilaksanakan Tim Dosen FFIK Universitas Abdurrab bersama dosen Fakuktas Pertanian Universitas Islam Riau dalam upaya pencegahan Stunting. Adapun tema kegiatan ini tentang Perbaikan Status Gizi Stunting Dengan Formula Biskuit Tepung Tulang Ikan Patin Dengan Fortifikasi Kalsium, " kata  Nurmaliza.
 
Sebagai pengisi materi kegiatan yang juga ketua tim Pengabdian Universitas Riau, Dewi Sartika Siagian, SST, M.Keb mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan melalui program kemitraan alih teknologi inovasi produk pangan berbasis tepung tulang ikan patin yang merupakan hasil produk inovasi penelitian tim dosen," kata Dewi Sartika Siagian.
 
Lanjutnya,  Universitas Abdurrab Melalui program kemitraan pengabdian masyarakat, Dosen dan Mahasiswa  juga  telah memberikan penyuluhan terkait 1.000 Hari Pertama Kehidupan dan stunting dengan melatih masyarakat membuat tepung tulang ikan patin dan produk pangan berupa biskuit ikan patin yang dapat mencegah terjadinya stunting di Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir Kabupaten Rokan Hilir, " terang nya.
 
Sosialisasi ini dikatakan Dewi Sartika Siagian juga bertujuan untuk program kemitraan dan alih teknologi dalam pengembangan pengetahuan dan perubahan prilaku masyarakat dalam pencegahan stunting dengan menggunakan ikan lokal.
 
" Kami mengharapkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dikembangkan menjadi usaha UMKM di Rohil khususnya Desa Labuhan Tangga Hilir dalam berinovasi memproduksi produk pangan berbasis pada pemanfaatan tepung tulang ikan di Kabupaten Rokan Hilir yang kaya akan produksi ikannya. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan ikan lokal sebagai salah satu makanan yang memiliki sumber gizi yang baik dalam mencegah stunting," harapnya. 
 
Penghulu Labuhan Tangga Hilir, Tarmizi, SH saat ditemui media mengatakan bahwa atas nama pemerintah Kepenghuluan Labuhan Tangga Hilir mengucapkan terimakasih kepada Universitas Abdurrab dan UIR atas dilaksanakan kegiatan tersebut di kepenghuluannya karena masyarakat banyak mendapatkan ilmu tentang inovasi pengolahan ikan menjadi makanan yang penuh gizi dan manfaatnya bagi masyarakat dalam  pencegahan terjadinya stunting di daerahnya. (Rls/Irwan)
 
 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar