Sport

Wabup Rohil Secara Resmi Buka Kejurkab lll Pencak Silat

Wabub Rohil, H. Sulaiman, SS, MH buka secara resmi Kejurkab III Pencak Silat Rohil
 
ROKAN HILIR, WAWASANRIAU.COM - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) lll pencak silat yang di pusatkan di yayasan Methodis, Bagansiapiapi, Jumat (3/12/2021). 
 
Kejurkab lll pencak silat tersebut secara langsung dibuka oleh Wakil Bupati Rohil H Sulaiman dan dihadiri ketua KONI Rohil, Jhoni Charles, Asisten l, Fery H Parya, Kadisdik M Nurhidayat, ketua IPSI, beberapa ketua Cabor serta beberapa unsur lainnya. 
 
Ketua panitia Kejurkab, Indra Gunawan dalam laporannya mengatakan, Kejurkab tersebut diikuti sebanyak 72 peserta dari 9 perguruan yang ada di Kabupaten Rohil. 
 
Kejuaraan sendiri lanjutnya, terdiri empat kategori perlombaan. Empat kategori tersebut yakni, seni laga, seni tunggal, seni ganda dan seni regu. 
 
"Kejuaraan pencak silat ini akan berlangsung selama tiga hari dan akan dipimpin sebanyak 14 juri. Bahkan untuk dewan juri kita mengundang dari Provinsi bahkan ada yang tingkat nasional, " ungkapnya. 
 
Ketua KONI Rohil, Jhoni Charles dalam penyampaian nya mengatakan, selaku ketua KONI dirinya akan berupaya semaksimal mungkin dalam memajukan setiap cabang olah raga, salah satunya pencak silat. 
 
"Kita sangat mendukung Kejurkab yang dilaksanakan IPSI ini, kita berharap dengan Kejurkab yang digelar ini dapat menyeleksi atlet yang berprestasi untuk di bawa ke POR Propinsi nantinya, " sebut Jhoni Carles. 
 
Sementara itu, Wabup H Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, pencak silat ini merupakan salah satu olahraga asli Indonesia dan telah di akui sebagai warisan budaya. 
 
Di Provinsi sendiri lanjutnya, dibawah IPSI silat itu ada 16 perguruan dan Rohil baru memiliki 9 perguruan. Wabup berharap ke depan Rohil juga bisa memiliki 16 perguruan silat. 
 
"Kita melihat silat ini sangat luar biasa, di Rohil sendiri atlet silat ini banyak yang hebat-hebat. Rohil sudah memiliki 9 perguruan silat dari 16 perguruan yang ada di IPSI dan Pemerintah daerah mendukung penuh Kejurkab ini, " sebut Sulaiman. 
 
Pelaksanaan Kejurkab pencak silat ini tambah Sulaiman, juga sangat baik dalam menjauhkan para generasi muda dari pemakaian Narkoba maupun lainnya. 
 
"Ini juga bertujuan untuk menyeleksi para juara di PORKab yang telah dilaksanakan sebelum nya untuk mengikuti kejuaraan Porprop nantinya, " tetangnya. 
 
Dalam kesempatan itu, Wabup juga mengingatkan seluruh peserta Kejurkab agar bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas. 
 
"Bertanding dan berlombalah secara sportif dan berlombalah untuk membesarkan Perguruan masing-masing, jadikan Kejurkab ini sebagai ajang silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan, " pungkasnya. (Irwan)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar