Sosbud

Lagi, Ponton Pembawa Matria Kembali Tabrak Jembatan Pedamaran II

PEDAMARAN(WRC) - Untuk yang kedua kalinya terjadi Ponton Pembawa material proyek pengerjaan Jalan Lintas Pesisir di Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir yang pekerjaannya dilaksanakan PT. Dian Restu Anugrah lepas terbawa arus sungai Rokan hingga menghantam jembatan Pedamaran II pada Kamis sore (9/9/2021).

Pantauan dilapangan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 17:26 Wib, ketika ponton yang ditambatkan pada tangkahan dibantu dorongan boat tak mampu menahan tekanan arus pasang sungai Rokan yang deras sehingga tali pengikat ponton lepas dan hanyut terbawa arus.

Melihat ponton meluncur kearah jembatan, masyarakat dan pekerja yang menyaksikan dari jembatan berhamburan untuk menghindar ke tempat aman

Tak ayal lagi dalam hitungan menit ponton menghantam pengaman jembatan Pedamaran II hingga patah dan kemudian menghantam  tiang pangkal jembatan Pedamaran II. Setelah terjadi benturan, ponton terhenti. 

Pada saat kejadian cuaca sangat mendung dan dalam hitungan menit datang angin kencang dan hujan lebat sehingga semua yang ada dilokasi bergegas mencari tempat berteduh dan berlindung.

Usai berhenti hujan pada pukul 19:30 terlihat dilokasi jembatan terlihat ada beberapa kepala OPD, PLT Kepala Dinas PUTR, Budiman, Kadis Perhubungan Jasrianto, Camat Pekaitan Taryono SE, Kabid Pemeliharaan PUTR, Raja, pihak kepolisian dan lainnya.

Plt Kadis PUTR Rohil Budiman saat di konfirmasi dilokasi kejadian mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati serta ke PU Propinsi Riau.

"Ini yang ke dua kalinya terjadi, kami sudah laporkan kejadian Ponton menabrak Jembatan Pedamaran II ini ke pak Bupati dan Wakil Bupati serta ke PU Propinsi," kata Budiman

Lanjutnya, kita harus mengambil langkah pengamanan dulu terhadap ponton yang bermuatan ini agar tidak diterjang pasang subuh nanti, namun saat ini masih menunggu boat satu lagi, yang ada baru satu," jelasnya.

Budiman juga mengatakan akan mencari tempat aman untuk membawa ponton pada anak sungai terdekat atau Suak yang dapat menahan ponton dari arus pasang. (Irwan)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar