Politik

KPU Rohil Laporkan Kondisi DPT Berkurang 60 Ribu darai DPT

Agus Salim

BAGANSIAPIAPI,WAWASANRIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir melaporkan kondisi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini disampaikan disela kunjungan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Tabrani Maamun, di ruangan Ketua KPU Rohil, Jalan Kecamatan, Batu Empat, Senin (2/11/15) siang.

Dlaam kesempatan ini yang disaksikan oleh seluruh Komisiner KPU, KPU melaporkan Jumlah DPT Rohil sebanyak 401.994 jiwa serta Daftar Pemilih Tambahan (DPBT) 1 sebanyak 2.600 jiwa. Jumlah ini jauh berkurang dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) berjumlah 465.305 jiwa.

"Jumlah Dp4 ini dulu kan saat pemilihan presiden dan berlaku menyeluruh. Jadi asal ada KTP suah bisa memilih. sedangkan untuk Pilkada ini kan sifatnya lokasl dan diperkuat oleh peraturan bahwa wajib memiliki KTP Rokan Hilir."kata Ketua KPU Rohil H Agus Salim didampingi Komisioner KPU, Kasmer Dahlan.

Jika dikalkulasikan sekitar 61 ribu jiwa yang hilang dengan berbagai alasan mulai dari tak ada Nomor Induk Kependudukan (NIK), pindah dan meninggal dunia. Pihak KPU sudah melakukan pendataans serta penyisiran diseluruh penjuru rokan hilir. Bahkan jumlah DPBT-1 juga hanya bertambah sedikit dan tiak membiat kurang surat suara yang telah dicetak.

"Kalau dibagikan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.321 maka rata-rata per TPS hanay 2 suara saja,"kata Agus Salim.

Namun, pemutakhirna data akan terus dilakukan. bahkan hingga hari pelaksnaan apabila ada warga yang tak amsuk data DPT ataupun DPTB-1 asalkan punya identitsa rohil akan mendapatkan pelayanan yang sama. KPU menyambut baik kedatangan Tabrani Maamun yang juga merupakan putra Rokan Hilir.

"Kita juga laporkan bahwa sampai sata ini semua berjlan lancar dan tak ada kendala. semua tahapan dilalui sesuai jadwal yang telah ditentukan."katanya.

Semenyara itu Tabrani Maamun mengatakan, kunjungan dirinya sebgai bentuk tugas sebgai wakil rakyat di Senayan. menjelang pelaksanaan pesta dmeokrasi 9 Desember mendatang. "Kita mengharapkan bisa sukses dan lancar. jadi apapaun perkembangannya sejauah ini baik Pnawas dan KPU sudah menjelaksan ke kita."katanya.(mi/red)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar