Lancang Kuning

DMI Rohil Bakal Gelar Lomba Mesjid

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com – Dewan Mesjid Indonesia Kabupaten Rokan Hilir (DMI Rohil) akan menyelenggarakan lomba management, kebersihan, keindahan dan kemakmuran mesjid se Kabupaten Rokan Hilir. Demikian hal ini di jelaskan oleh ketua DMI Rohil H.Wazirwan Yunus ketika dihubungi melalui telepon selulurnya, Selasa (14/07/2020).

“Dalam rangka memperebutkan piala bupati yang ke 2,”ucapnya.

Dikatakannya, bahwa hari ini dilaksanakan silaturahmi dengan seluruh pengurus DMI kecamatan se kabupaten Rohil di gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi yang dihadiri wakil bupati Rohil. Silaturahmi tersebut untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu pada tingkat kecamatan yang dinilai oleh masing-masing tim kecamatan. Kemudian dinilai oleh tim penilai Kabupaten.

“Ada tiga bidang penilaiannya sedangkan kriterianya banyak sekali yang dinilai,”ucapnya.

Dijelaskannya, untuk penilaiannya banyak kategori dan kriteria yang dinilai, namun ada tiga bidang yang dinilai pertama, penilaian bidang idaroh yakni bagaimana administrasi /management mesjidnya, bagaimana visi, misi dan moto layanan, struktur dan organisasi mesjidnya serta struktur kepengurusan dan tenaga pengelolanya.

Kemudian itu yang kedua, bidang imaroh yakni pelaksanaan sholatnya gimana antara lain:

a) Peribadatan: imam, khatib dan muazin tetap, jadwal dan tema khutbah Jumat, jadwal dan tema ceramah ramadhan. Jadwal petugas shalat fardhu, jadwal dan petugas sholat hari raya, daftar hadir imam khatib dan muadzin. Jadwal dan petugas shalat tarawih,

b) pendidikan dan Dakwah: Majelis taklim dan pengajian rutin, lembaga pendidikan formal/non formal, pengajian kelompok sesuai dengan tingkat kesadaran kebutuhan maupun tingkat pemahaman serta pilihan waktu yang variatif,

c) Remaja mesjid, struktur organisasi remaja mesjid, kegiatan pembinaan remaja mesjid,

d) Bidang sosial : pelaksanaan dan pengelolaa zakat, infaq dan shadaqah, koperasi berbasis Masjid, Poliklinik, media konsultasi umat, pemulasaran jenazah,

e) Penerangan , dokumentasi dan publikasi: majalah dinding/papan pengumuman Masjid, buletin dakwah, publikasi kegiatan masjid, dokumentasi kegiatan mesjid.

Kemudian bidang ri’ayahnya yakni bangunan mesjidnya gimana, diantaranya:

a) seni arsitektur, seni bangunan mesjid, seni kaligrafi mesjid,

b) Fasilitas mesjid: sertifikasi arah kiblat, ruang utama shalat,tempat wudhu, fasilitas kamar mandi dan toilet, perlengkapan shalat wanita, sound system dan multimedia, ruang sekretariat, ruang tunggu imam dan khatib, ruang pertemuan/aula serba guna, tempat penitipan sandal dan sepatu, koperasi, perpustakaan mesjid,fasilitas pemulasaraan jenazah, tempat parkir, taman, sarana olahraga,

c) Pemeliharaan: kebersihan, keamanan mesjid, pemeliharaan dan perbaikan bangunan dan sarana mesjid.

Ketua DMI Rohil berharap ada mesjid di daerah Rokan Hilir yang memiliki ketiga bidang dan memiliki banyak kriteria penilaian.

"Kita berharap seluruh mesjid yang ada di daerah Rokan Hilir ini minimal ada mesjid yang paripurna, yang lengkap administrasi, bangunannya dan jemaaahnya tertib, halamannya bersih dan lingkungannya indah. Jadi dapat memakmurkan mesjid ,”ujarnya memungkasinya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar