Lancang Kuning

Danrem 031/WB Puji Kesiapsiagaan Rohil Dalam Penanggulangan Karlahut

Rohil (wawasanRiau) -- Danrem 031/Wira Bima Brigjend TNI M. Syech Ismed, SE.M.Han secara langsung memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Jumat (10/7/2020).

Apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan di taman budaya batu enam tersebut langsung dihadiri Bupati Rohil H Suyatno, Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Kajari Rohil Gaos Wicaksono, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto serta berbagai unsur lainnya.

Danrem juga secara langsung melakukan pengecekan setiap personil dan peralatan kesiapsiagaan penanggulangan Karlahut yang dimiliki Kabupaten Rohil. 

Dalam arahannya, Danrem 031/WB mengatakan, ditengah kesibukan dalam menangani wabah covid-19, saat memasuki musim kemarau ini, Riau juga memiliki pekerjaan besar dalam mencegah terjadinya Karlahut.

"Oleh sebab itu, melalui apel kesiapsiagaan ini hendak nya kita dapat meningkatkan profesionalisme dalam mencegah terjadinya karlahut,"katanya.

Penanganan dan penanggulangan karlahut sebutnya, bukan semata masalah dan tanggung jawab pemerintah. Namun menjadi tangguang jawab bersama dalam melakukan pencegahan.

Beberapa hal penyebab terjadinya kebakaran yang perlu diperhatikan katanya, membuka lahan pertanian dengan cara membakar, membuang puntung rokok sembarangan serta berbagai hal lainnya.

Danrem memaparkan, Presiden RI pernah memberikan arahan mengenai pengendalian karlahut. Diantaranya, memprioritaskan pencegahan melalui patroli. Segera melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran serta penegakan hukum bagi pelaku pembakaran tanpa kompromi.

"Melihat kesiapsiagaan Rohil, saya selaku Danrem merasa yakin denga kesiapan satgas yang ada, saya yakin dan percaya dengan personil dan peralatan yang sangat lengkap, jika terjadi karlahut kita semua bisa mengatasi ini,"cakapnya.

Danrem 031/WB juga memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil dan seluruh jajaran yang telah mempersiapkan pasukan dan peralatan.

"Saya merasa bangga dengan kesiapan personel penanggulangan karlahut, namun saya ingatkan tetap perhatikan masalah kesehatan dan keamanan, karena hal ini sangat penting,"pungkasnya.

Penulis : sagala


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar