Lancang Kuning

Bupati Rohil Beri Peluang Potensi Tanaman Azolla

PEKAITAN, wawasanriau.com – Bupati Melakukan Kunjungan kerja ke kepenghuluan Pekaitan kecamatan Pekaitan. Bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno menanam benih padi dan bibit jagung. Bupati Rohil sekaligus melakukan peninjauan sekolah dasar di kepenghuluan Pekaitan kecamatan Pekaitan, Selasa (07/07/2020). Dalam kesempatan ini orang nomor satu di Rohil juga menyerahkan bantuan bedah rumah dari Baznas Rohil untuk warga Pekaitan, bantuan alat penyemprotan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Bahkan bupati melakukan dialogis dengan masyarakat. Bupati Rohil Jelaskan Potensi Tanaman Azolla, tanaman paku air yang hidup di perairan kepada masyarakat Pekaitan. Selain itu dia juga akan memprioritaskan usulan yang disampaikan camat Taryono.

Hadir saat itu, bupati Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno,Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,SIK,SH, yang mewakili Dandim 0321/Rohil, ketua DPRD Rohil Maston, Kadis ketahanan pangan dan pertanian HM Ruslio Syarief, S.Sos, kadis perkim Zulfahmi ST, plt Kadis Kominfotiks Hermanto,S.Sos, Kadisdikbud HM Nurhidayat,SH,MH, ketua Baznas Rohil, sejumlah pejabat pimpinan pratama di lingkungan pemkab Rohil lainnya, upika kecamatan dan datuk penghulu se kecamatan Pekaitan, Babinsa dan bhabinkamtibmas se kecamatan Pekaitan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat desa.

Bupati Rohil H.Suyatno menjelaskan bahwa dirinya sering melewati kepenghuluan Pekaitan namun untuk menghadiri acara resmi mungkin ini baru untuk pertamanya. Bupati Rohil H.Suyatno sangat berterima kasih atas usulan program dari generasi muda, Kasrul yang disampaikannya kepada dirinya untuk menghadiri kegiatan ini.

“Ada sebuah program yang sangat menarik yakni program penanaman padi dan bibit Jagung,”katanya.

Dalam kesempatan ini, dijelaskan oleh orang nomor satu di Rohil bahwa dia memberikan peluang kepada masyarakat sini. Hal ini setelah dirinya kedatangan dari yayasan merah putih dari Jakarta. Dia bercerita tentang peluang tanaman Asolla.

“Tanaman Asolla itu ada disini bisa mendatangkan hasil namun tergantung kita semua,”ujar H.Suyatno.

Dijelaskannya bahwa tanaman kiambang yang jika masih kecil namanya Asolla. Tanaman Asola atau paku air ini bisa menghemat penggunaan pupuk urea, bahan dasar pupuk kompos, digunakan sebagai pakan ikan dan juga dijadikan makanan ternak.

“Harganya akan mahal jika dikeringkan,”tuturnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar