Lancang Kuning

Bupati H Suyatno Tabur Bibit Jagung Bersama Dandim 0321/Rohil

KUBA, wawasaanriau.com – Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno ikut menabur bibit jagung di hamparan lahan wilayah kecamatan Kubu Babusalam (Kuba). Hal ini sebagai bentuk pencanangan ketahanan pangan dalam menghadapi darurat covid 19 di kecamatan Kubu Babusalam. Ikut hadir Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi,SIP,MIPol, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Kadis Ketahan Pangan dan Pertanian Rohil HM.Rusli Syarief,S.Sos, Danramil 04/Kubu dan camat.

”Di hari Jumat Berkah ini saya diundang ke Kubu untuk penanaman bibit jagung yang luas lahannya mendekati 6 hektar,”ujarnya Suyatno kepada  journalis wawasanriau.com, Jumat (29/05/2020)

Meskinpun kondisi tanah saat ini tidak bersahabat karena dicurahi hujan tadi malam sehingga becek. Namun semangat TNI sangat luar biasa. Orang nomor satu di Rohil ini minta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil agar PPL yang berada di Kubu Babusalam selalu melakukan kerjasama yang baik.

“Ini semua untuk meningkatkan ketahanan pangan di Rohil dalam menghadapi darurat covid 19. Kita bisa berbuat meskinpun kondisi pandemi covid 19 yang melanda saat ini. Sehingga bilamana terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kita sudah melakukan persiapan ketahanan pangan kita,”tuturnya. 

Dijelaskannya, pada hari ini merupakan penanaman perdana bibit jagung yang mudah-mudahan nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat di kecamatan Kubu Babusalam ini.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak kepada Dandim 0321 dan jajarannya, Camat, dinas ketahanan pangan provinsi Riau dan DKPP Rohil yang telah saling bahu membahu dalam pencanangan ketahanan pangan sehingga apa yang diinginkan pemerintah kelak dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat kecamatan Kubu Babusalam,”katanya.

Dalam kesempatan ini dia menegaskan bahwa luas lahan yang belum tergarap dari Pekaitan hingga ke Kubu agar dapat di manfaatkan dalam peningkatan ketahanan pangan.

“Sayang jika lahan terhampar luas tidak dimanfaatkan,”jelasnya.

Pemanfaatan lahan tersebut tidah hanya semata di kecamatan Kubu Babusalam saja. Namun semua yang ada lahan di kecamatan se kabupaten Rokan Hilir agar di manfaatkan.

“Saya tekankan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Rohil agar lahan yang punya potensi harus digarap mulai dari sekarang,”katanya.

Namun, kata orang nomor satu di Rohil ini, saat ini dalam kondisi Covid 19 pemerintah daerah terpaksa mengurangi anggaran karena merupakan perintah dari pemerintah pusat.

“Saat ini kondisi Covid 19, jadi mohon maaf untuk daerah Rokan Hilir terkena pengurangan anggaran APBD sebesar 340 Milyar sehingga semua program yang ada di APBD 2020 ada yang dikurangi. Bilamana sudah normal  maka kita akan jalankan program seperti ini. Karena Rohil merupakan salah satu lumbung padi di Riau,”jelasnya.(gun).


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar