Lancang Kuning

Pemkab Rohil Bagikan Masker C19

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com - Apel bersama digelar di depan gedung Datuk Batu Hampar jalan Perwira Bagansiapiapi, Jumat (22/05/2020). Bupati pimpin apel bersama tersebut sekaligus membagikan masker kepada peserta apel. Tampak hadir forkopimda, wakil bupati Rohil Drs H Jamiludin, para asisten, kadis dan ASN dilingkungan Pemkab Rohil.

Orang nomor satu di Rohil ini menegaskan bahwa dia sangat bersyukur di saat bulan suci ramadhan ini dapat melaksanakan silaturahmi jelang idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi.

"Saat ini kita akan membagikan masker kepada ASN dilingkungan pemdakab Rohil, termasuk jajaran TNI Polri dan kejaksaan,"tuturnya.

Dikatakannya saat ini harus senantiasa melakukan ikhtiar  agar Corona tidak ada di bumi.

Dijelaskannya, tadi malam telah melaksanakan teleconference dengan gugus tugas pusat yang melakukan teleconference dengan daerah yang hingga saat hari ini tidak ada positif virus Corona.

"Ada 142 daerah kabupaten kota se Indonesia, di dalam itu ada kabupaten Rokan Hilir. Sedangkan untuk Riau dari 12 kabupaten kota ada kabupaten Kuansing dan Rohil,"tuturnya 

"Saya berharap, masyarakat juga berharap kita sebagai panutan agar mendisiplinkan diri,"katanya kemudian.

Mendisiplinkan diri tersebut jelas orang nomor satu di Rohil ini agar senantiasa keluar rumah selalu menggunakan masker. Kemudian jangan keluar berkumpul kumpul karena hal ini agar dihindari terhadap adanya berkerumunan orang banyak.

"Namun pada saat ini saya hanya minta waktu sejenaklah untuk mengingatkan kembali agar selalu disiplin diri,"tuturnya.

Dijelaskannya hari ini Rohil masih zona hijau namun perlu diingatkan kepada warga masyarakat dan ASN serta TNI Polri bahwa tidak lama lagi bulan ramadhan telah dilalui dan masuk bulan Syawal hari raya idul Fitri. Banyak keluarga kita yang di Dumai, Duri kabupaten Bengkalis. Tentunya pada saat lebaran nanti ada saling kunjung mengunjungi oleh sebab itu hal ini perlu di waspadai karena Duri Bengkalis dan Dumai sudah zona merah.

"Kami sangat kuatir di akhir ujung bulan ramadhan akan terjadi lonjakan pengunjung karena warga mencari kerja, mahasiswa pulang kampung dan santri pulang dari pondok dan lain sebagainya. Inilah yang perlu kita waspadai bersama sama. Kita harus resapi dan cerna bersama. Kita harus disiplin diri dan kita tunjukkan sebagai panutan bersama sama agar menjalankan pencegahan sesuai protokol kesehatan sehingga dapat menjaga kondisi Rokan Hilir,"ujarnya.

Karena jikalau ada satu saja terjangkit di Rohil maka akan merembet dan mau tidak mau juga harus pikul bersama-sama juga. Namun alangkah baiknya disiplin diri sejak saat pencegahan sekarang ini.

"Memang sekarang ini mendapat cap jempol dari pemerintah pusat, gubernur riau, danrem, Kapolda, Kejati yang mengatakan tolong dipertahankan. Namun mempertahankan kondisi ini bukan hanya dari satu pihak saja, bukan forkopimda saja, bukan pemerintah daerah saja namun harus bersama sama seluruh komponen masyarakat dan warga di Rokan Hilir ini. Harus terjalin kerjasama kita semua,"katanya.

Pada hari ini orang nomor satu di Rohil menjelaskan membagikan masker yang ada obatnya yang diutamakan kepada tenaga medis, tenaga kesehatan dan dokter. Kemudian BPBD, perhubungan, satpol PP dan TNI Polri.

"Petugas lapangan seperti tenaga puskesmas, tenaga medis, tenaga kesehatan, dokter, BPBD, Perhubungan, Satpol PP dan TNI Polri wajib menggunakan masker ini,"tuturnya.

Dikatakannya pemdakab Rohil telah membeli masker C19 sebanyak 4000 pcs dimana 2999 pcs dibagikan kepada OPD.

Dalam kesempatan ini bupati Rohil menghimbau warga masyarakat, ASN, TNI Polri agar senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan berdoa agar Covid 19 cepat berlalu sehingga tidak ada lagi di bumi ini.

"Pada kesempatan ini saya mohon maaf kepada semua karena kebetulan bulan ramadhan dan lebaran tahun ini sangat berbeda disebabkan kita saling menjaga kondisi kita masing masing khususnya keluarga kita. Saya mohon maaf untuk tahun ini saya tidak laksanakan open house jadi pada kesempatan inj saya mengucapkan minal Aidin Wal faidzhin mohon maaf lahir dan batin,"pungkasnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar