Lancang Kuning

Tunggu Hasil Swab, Empat PDP Rohil Masih Dirawat

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com - Pasien dalam pantauan (PDP) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) pada hari ini 4(empat) orang masih dirawat di RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi. Mereka tersebut masih dirawat sambil menunggu hasil swab. Secara kumulatif PDP Rohil yang telah sembuh dan pulang karena hasil swab sudah diketahui negatif sebanyak 28 orang. Sedangkan PDP meninggal sebanyak 5 orang yang telah terkonfirmasi hasil swab negatif. Meskinpun sempat ada yang dikebumikan secara tata laksana Covid 19 karena hasil swab belum diketahui ketika itu. Sehingga secara kumulatif sejak awal hingga hari ini jumlah total PDP Rohil sebanyak 37 orang dengan 38 masa kunjungan. (Sebanyak 38 kunjungan karena ada satu orang PDP yang telah dua kali dirawat sembuh). Sementara itu jumlah kumulatif orang dalam pantauan (ODP) hingga hari ini sebanyak 7490 orang dengan uraian sebanyak 6605 ODP yang telah bebas masa pantauan dan 885 ODP yang masih dalam pemantauan. Demikian hal ini diutarakan jubir tanggap Covid 19 H.Ahmad Yusuf, S.Sos didampingi Plt Kadis Kominfotiks Rohil Hermanto,S.Sos dan kasubag DokPim Hasnul Yamin,SE di media center Gedung Datuk Batu Hampat Jalan Perwira Bagansiapiapi, Senin (18/05/2020).

"Jumlah ODP saat ini sudah semakin sedikit sehingga jika sedikit ODP maka semakin kecil beban tenaga kesehatan,"ujarnya.

Kondisi umum kesehatan 4 orang PDP di RSUD RM Pratomo sangat baik yang tidak menunjukkan gejala. Hanya ketika di Rapid tes (RDT) ada beberapa orang yang hasilnya menunjukkan reaktif. Sesuai tata laksana jika hasil Rapid tes reaktif ditemui dilapangan maka akan dilakukan PCR. Untuk melakukan PCR menjelang hasil swab keluar maka yang bersangkutan di isolasi di rumah sakit.

Kata ia, informasi yang disampaikan oleh provinsi riau peningkatan kasus saat ini berlangsung merupakan satu klaster hingga satu keluarga. Oleh sebab itu saat ini perpindahan virus bukan saja karena warga dari transmisi lokal tetapi bisa juga dari warga di lingkungan daerah sendiri.

Karena jelang lebaran ini warga akan semakin ramai maka akan terjadi kontak fisik langsung. Oleh sebab itu diharapkan masyarakat tetap sosial distancing dan physical distancing, menggunakan masker, selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Bahkan melakukan stay at home untuk kewaspadaan terhadap virus Corona ini.

"Gugus tugas Covid 19 mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga kewaspadaan sesuai protokol kesehatan untuk pencegahan Corona virus disease 2019 atau Covid 19 di Kabupaten Rohil ini,"tuturnya.

"Alhamdulillah saat ini Rokan Hilir masih zona hijau yang satu satunya kabupaten di provinsi Riau belum ada kasus positif corona. Oleh sebab itu perlunya masyarakat kita selalu berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena kondisi ini terjadi karena kerja keras kita bersama-sama, kerja keras pemerintah, gugus tugas, media, masyarakat dan doa kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang muslim,"ujarnya Ahmad Yusuf memungkasinya. (Gun).


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar