Lancang Kuning

Hingga Hari Ini 8 Orang PDP Rohil Dirawat

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com – Orang dalam pantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) hingga hari ini masih mengalami kenaikan sedikit, dimana data kemaren secara kumulatif hanya 7016. Namun karena mengalami kenaikan 11 orang maka pada hari ini secara kumulatif jumlah ODP Rohil menjadi 7027 orang. Pada uraian jumlah kumulatif ODP yang habis masa pantauan sebanyak 5960 orang dimana kemaren hanya 5882 orang. Jadi ODP habis masa pantauan pada hari ini meningkat sebanyak 78 orang.  Sedangkan ODP di Rohil yang masih dalam masa pemantauan pada hari ini menurun  sebanyak 117 orang dimana kemaren secara kumulatif sebanyak 1184 akhirnya pada hari ini menurun scara kumulatif menjadi 1067 orang.  Sementara itu, pada hari ini jumlah pasien dalam pemantauan (PDP) Rokan Hilir bertambah 1 (satu) orang lagi yang di rawat di RSUD Arifin Achmad sehingga jumlah PDP Rohil yang masih di rawat pada hari ini sebanyak 8 orang yang masih menunggu hasil swab. Demikian hal ini dijelaskan oleh juru bicara tanggap Covid 19 Rokan Hilir H.Ahmad Yusuf,S.Sos,MH didampingi kasubag Dokpim Hasnul Yamin,SE di media center gedung Datuk Batu Hampar Jalan Perwira Bagansiapiapi, Senin (11/05/2020).

“Delapan orang PDP Rokan Hilir tersebut satu diantaranya terkonfirmasi hasil swab negatif dan di isolasi mandiri di RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi,”ujarnya H.Ahmad Yusuf.

Dijelaskannya, bahwa PDP di Rokan Hilir sebanyak 8 orang tersebut 4 orang warga sedinginan isolasi mandiri di RSUD Dr RM Pratomo sebanyak 4 orang sedangkan 4 orang lainnya di rawat di RS pekanbaru yakni 1 orang warga rantau panjang kiri di rawat di RSUD Arifin Achmad, 1 orang warga Rimba Melintang di rawat di RS Awal Bross, 1 orang warga Sedinginan di rawat di RSJ Tampan dan 1 orang warga Sedinginan di rawat di RS Aulia Hospital.

Secara kumulatif jumlah PDP Rohil sebanyak 29 orang dengan kunjungan 30 orang (ada 1 pasien pernah mengalami 2 kali di rawat,red). Dimana uraiannya sebanyak 17 orang PDP Rohil hasil swab negatif dan sudah pulang. Kemudian 8 orang PDP masih dirawat menunggu hasil swab dan 4 orang PDP meninggal hasil swab negatif.  

Dikatakannya, beberapa hari terakhir terjadi peningkatan jumlah PDP Rohil sehingga dikatakan grafik PDP sangat dinamis. Oleh sebab itu, masyarakat harus ektra hati-hati dalam menyikapi covid 19 ini. Karena penularan covid 19 ini bukan lagi datang dari luar negeri atau tranmisi lokat atau daerah terjangkit namun dari orang-orang lokal seperti yang terjadi di beberapa daerah. 

“Seperti kita melihat dan membaca di media yang disampaikan oleh jubir nasional Covid 19, Ahmad Suryanto menjelaskan  bahwa saat ini penularan covid 19 bisa terjadi dari orang tanpa gejala (OTG) artinya mereka terindikasi atau terinfeksi virus namun tidak menunjukkan gejala seperti batuk, flu, suhu badan tinggi maupun sesak nafas namun mereka bisa sebagai carier atau pembawa virus corona dengan hasil positif sehingga mereka tersebut bisa menularkan virus corona ke orang lain,”tuturnya. 

Oleh sebab itu, katanya jubur tanggap Covid 19 Rohil ini, masyarakat harus waspada dan penuh kehati-hatian dengan tidak melakukan berkumpul, menghindari kontak fisik dengan orang lain, selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menggunakan masker jika keluar rumah.

“Diharapkan  melaksanakan protokol kesehatan dan sesuai anjuran dari pemerintah,”tandasnya. (Gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar