Sosbud

UNRI gelar KKN Relawan, Partisipasi aktif cegah Penyebaran Virus Corona

Foto kegiatan Jaga Posko Relawan Fakultas Kedokteran Universitas Riau dalam penerimaan penggalangan ketersediaan APD bagi Tenaga Medis (11/04/2020).

Pekanbaru - Partisipasi aktif dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19) ditunjukkan secara nyata oleh Mahasiswa Universitas Riau (UNRI). Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini dikemas dalam bentuk program relawan COVID-19. 

Hafizotul Adawiyah (19), Anggy Miranda Zantia (20), dan Vina Alwindi (20) membentuk  grup relawan COVID-19 bernama Tim MIS20 (Menuju Indonesia Sehat 2020) yang berada dibawah Lembaga Fakultas Kedokteran Universitas Riau (UNRI).

Hafizotul Adawiyah mengatakan bahwa seluruh kegiatan relawan yang dilakukan sesuai dengan arahan dari Lembaga FK UNRI yaitu berupa program-program Preventif dan Promotif melalui KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada masyarakat terkait COVID-19.

'' Kegiatan kami selama KKN cukup banyak mulai dari melakukan Edukasi melalui kegiatan Virtual Community yang kami lakukan di Whatssapp Group. Setiap Tim KKN memiliki targetnya masing masing. Kami sendiri, memilih target Mahasiswa SMA se-Riau dan Himpunan Mahasiswa Rohil non Kesehatan", ujarnya.

Anggy Miranda Zantia menjelaskan bahwa Setiap tim relawan FK UNRI  juga memiliki materi edukasi yang berbeda-beda. "Tim kami memilih materi Pengendalian Infeksi Virus. Selain kegiatan edukasi, kami juga membuat Poster dan Video Edukasi seputar materi tersebut. Untuk Videonya bisa dicek di Channel Youtube kami ya https://www.youtube.com/channel/UCj2T4hkrTaux16X7vWN6Jqw " ungkapnya

Sementara itu, Vina Alwindi menambahkan, kegiatan relawan ini menekankan bahwa mahasiswa dihimbau untuk tidak berhubungan langsung dengan pasien COVID-19. " Kami juga melakukan Jaga Posko Relawan COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau untuk memenuhi ketersediaan APD bagi Petugas Media dalam menangani kasus COVID-19", Ujarnya.

Hafizotul Adawiyah menambahkan, "Semoga wabah ini segera berakhir dengan melakukannya bersama sama. Ayo kita bersama melawan Virus Corona" ujarnya.

Dengan melakukan kegiatan edukasi seperti ini, Semakin banyak masyarakat yang mengerti dan paham tentang Virus Corona maka diharapkan agar lebih waspada dan terhindar dari Infeksi COVID-19.

Penulis : hafizotul adawiyah


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar