Lancang Kuning

Nyikapi Covid 19, ketua DPC Patri Rohil: Ikuti Anjuran Pemerintah

BAGANAIAPIAPI, wawasanriau.com - Kita harus ikuti anjuran pemerintah Rohil  dalam menyikapi wabah Covid 19, apakah itu stay home, sosial distancing, physical distancing, menggunakan masker jika bepergian, selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan lain sebagaiya. Demikian hal ini di utarakan ketua perhimpunan anak transmigrasi Republik Indonesia Rokan Hilir (DPC Patri Rohil M.Nizar yang kerap disapa  Akas kepada journalis wawasanriau.com ketika ditemui di Bagansiapiapi, Ahad (03/05/2020).

"Namun jangan lupa, kita sebagai mahluk sosial perlu kebutuhan sedangkan pemerintah Rohil tidak mampu sepenuhnya untuk memberi kebutuhan cukup bagi warganya, maka sesuaikan pola hidup kita dengan lingkungan,"ujarnya.

Kata ia, kalau kita tinggal di Perkampungan dengan jarak rumah berjauhan alangkah bijaknya waktu itu di manfaatkan mengolah lahan pekarangan menjadi lahan produktif. 

"Di tanam beragam tanaman pangan. Selain bersih, lahan pekarangan menghasilkan nilai ekonomi, terus anjuran #jaga jarak ??? . Saya kira di desa rumahnya jauh-jauh,"ungkapnya.

Lanjutnya mengatakan hal ini tentunya sangat beda dengan di perkotaan seperti di daerah Pulau Jawa.

"Warga  kita ini rata-rata petani kalau sering ngumpul-ngumpul Yo ora mangan, intinya sesuaikan kondisi dan keadaan daerah kita,"tuturnya.

Perlu di ingat, virus Corona itu penyebarannya lewat apa, lewat manusia yang daerahnya terkena dampak zona merah, berarti wabah di bawa orang.

"Jika dalam satu kampung itu daerahnya tidak pernah ada orang yang datang dari zona merah, terus virus Corona emangnya terbang dan lompat-lompat datang ke lingkungan kita. Yang perlu di perketat orang masuk ke daerah kita yang dianggap dari daerah zona merah,"ucapnya.

Kata ia, buat pos penjagaan tiap desa, periksa dengan ketat agar   mereka tidak masuk ke desa kita hingga menunggu sampai wabah berakhir. 

"Waspada wajib !!!  namun diiringi dengan kecerdasan kita untuk menyikapi kondisi kita masing-masing,"ujar M Nizar yang disapa Akas memungkasinya.(gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar