Lancang Kuning

Cegah Virus Corona, Warga Kelenteng Sayur Bagansiapiapi Lakukan Semprotan Cairan Disinfektan

BAGANSIAPIAPI, wawasanriau.com  - Kelenteng sayur Jalan Pahlawan Bagansiapiapi melaksanakan penyemprotan disinfektan di daerah kawasan kecamatan Bangko, Rabu (01/03/2020). Tampak camat Bangko Rijalul Fikri, tokoh masyarakat Tionghoa Awi Oliong dan masyarakat lainnya mempersiapkan peralatan penyemprotan tersebut.

"Hari ini kami bisa laksanakan mengingat alat kesiapan kami seperti masker, sarung tangan dan baju baru hari ini terpenuhi,"ujar camat Bangko Rijalul Fikri.

Kata camat, warga tionghoa di kelenteng sayur ini bersama-sama bahu-membahu untuk melaksanakan penyemprotan dengan cairan disinfektan ini ke jalan kampung-kampung warga yang kemaren belum dilakukan penyemprotan.

"Namun penyemprotan dilaksanakan setelah ada cairan disinfektan. Jadi tergantung kesediaan cairan disinfektan. Oleh sebab itu diharapkan para pengusaha saling tolong menolong membantu agar di wilayah kecamatan Bangko dapat disemprot dengan cairan disinfektan secara merata"katanya 

Kekompakan dan kesatuan dari masyarakat, lanjut camat, sangat diperlukan agar sama sama dalam menangani pencegahan dan penyebaran Corona virus disease 2019 (Covid 19) dapat berjalan dengan baik. Tentunya diharapkan kepada masyarakat saling menjaga dengan melaksanakan diam dirumah, jaga jarak orang per orang dan jangan berkumpul-kumpul. Tentunya juga jaga kebersihan dan mencuci tangan dengan sabun sambil menambah imunitas tubuh agar selalu sehat.

"Nanti sore kita dapat bantuan berupa mesin penyemprot merk Honda beserta tangki. Kita sudah sepakat tidak memilih suku atau marga karena semua sama,"tuturnya.

Dikatakannya warga masyarakat Tionghoa kelenteng sayur ada berkeinginan untuk membagikan sarung tangan dan masker ke masyarakat namun stok barang hingga saat ini belum diperoleh.

"Mungkin penyemprotan besok ada lagi tambahan-tambahan dari pengusaha-pengusaha kita atau sahabat-sahabat kita baik itu dari suku Melayu, Batak,Jawa, Minang dan Tionghoa,"jelasnya.

Dijelaskannya tadi rute jalan yang dilalui oleh kelompok 1 itu jalan Sedar, Jalan Sumatera, Sumatera Laut,  jalan HKBP, Jalan Gereja, Jalan Toba.

Sedangkan untuk kelompok Agya, kelompok 2 rute Jalan Sotong, jalan Sekip Ujung,jalan Putra, Jalan Bawal, Jalan Siak dan Jalan Bahagia dan jalan Selamat lalu mengarah ke Jalan Perniagaan,Jalan Tanah Putih, Jalan Doktor Pratomo.

Sementara itu, tokoh masyarakat Tionghoa Awi Oliong menjelaskan kelenteng-kelenteng juga disemprot disinfektan kemudian masyarakat yang ingin rumahnya disemprot akan dilakukan juga. Bahkan ke Bagan hulu juga di lakukan penyemprotan.Namun penyemprotan ini tergantung kesediaan cairan disinfektan. 

"Bagan Hulu juga disemprot disinfektan, nanti sama-sama kita bagi dua kelompok lagi,"tandasnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar