Lancang Kuning

Cegah Karhutla, Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas, Penghulu dan Perusahaan Pasang Skat Kanal

Rohil (wawasanRiau) --Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang Sertu Baharudin Siregar bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bangko Pusako Brigadir Deni Nainggolan dan Penghulu serta PT.CVI melaksanakan pemasangan skat kanal untuk menahan air sehingga lahan menjadi basah untuk menghindari terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, Sabtu (14/3/2020).

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, pemasangan skat kanal tersebut sesuai hasil dari rencana dan peninjauan yang dilaksanakan sebelumnya.

Dimana lanjutnya, beberapa waktu yang lalu telah dilakukan peninjauan oleh Upika bersama perusahaan PT. CVI untuk pembuatan skat kanal dengan sistem buka tutup di Simpang Nela, Jalan Lintas Kubu, KM 11 Kepenghuluan Bangko Permata, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir.

"Pemasangan skat kanal dengan sistem buka tutup tersebut dibuat secara permanen, apabila musim penghujan skat kanal dapat dibuka dan apabila musim kemarau skat kanal berfungsi untuk menahan air agar tidak terbuang dan dapat membasahi lahan gambut di aeral yang rawan bencana karhutla,"katanya.

Pemasangan skat kanal sebagai upaya untuk pencegahan karhutla yang dilakukan pemerintah daerah bekerja sama dengan aparat TNI Polri dan perusahaan.

"Diharapkan dengan skat kanal ini mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan yaitu terhindar dari bencana kebakaran hutan dan lahan,"pungkasnya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar