Sosbud

Kodim 0321/Rohil Laksanakan Program Minggu Bersih Disetiap Koramil

Rohil (wawasanRiau) -- Program minggu bersih merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Kodim 0321/Rokan Hilir (Rohil) melalui setiap Koramil yang ada.

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi S.I.P M.I.Pol melalui Pasi Intel Kapten Arh Efri Nasution mengatakan, kegiatan minggu bersih juga salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyatnya dan juga untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mensukseskan desa bersih di segala bidang.

Sama hal nya dengan yang dilaksanakan hari ini, Minggu (8/3/2020). Semua Koramil yang ada di Rohil melaksanakan kegiatan Minggu bersih dengan berbagai bentuk kegiatan.

Beberapa Koramil yang melaksanakan kegiatan Minggu bersih diantaranya Koramil 01/Bangko. Dimana, Babinsa laksanakan Minggu bersih dengan membantu pembangunan Mushala Al-Iman yang berada di Jalan Sukajadi, Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar, Kecamatan Bangko.

Wadanramil 01/Bangko Lettu Inf Tayung menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini dapat lebih meningkatkan semangat warga dalam bergotong royong ini. 

Salah satu tokoh masyarakat  H Sudirman sangat menyambut baik dengan kegiatan yang dilaksanakan Kodim 0321/Rohil tersebut. "Mudah-mudahan dapat menjadi sumber motifasi bagi seluruh warga dalam meningkatkan semangat bergotong,"katanya.


Koramil 02/TP Bersihkan Sampah di Pingiran Jalan Lintas Sumatera Bersama Masyarakat

Menumpuknya Sampah hingga mencapai 1 meter dan memanjang 100 meter di pinggiran Jalan Lintas Sumatera di simpang Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil  mengundang keprihatinan warga dan aparat  TNI setempat, Koramil 02/Tanah Putih Kodim 0321/Rohil.

Berangkat dari keprihatinan itu, anggota Koramil 02/Tanah Putih sebanyak 7 orang dipimpin Batuud, Pelda Lukas Joko Aprilanto dan sekitar 30 oang warga  yang dipimpin Sekdes Ujung Tanjung, Nazirwan pada Ahad (8/03) melaksanakan gotong-royong membersihkan tumpukan sampah liar tersebut. 

Bermodal peralatan cangkul, sapu lidi, sarung tangan, sabit, karung sampah hingga sekop dan garukan, warga dengan suka cita membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Tidak hanya membersihkan sampah, warga juga melakukan pemangkasan pohon ikut menjaga kebersihan dan tidak ada lagi yang membuang sampah di tempat itu.

Danramil 02/TP, Kapten Inf Khairul Anwar  mengatakan, selain untuk menciptakan kawasan yang bersih, kerja bakti membersihkan sampah ini juga dalam rangka  untuk menjaga kesehatan, keindahan dan kenyamanan kota Ujung Tanjung.

"Gotong Royong bersama warga ditempat ini merupakan di pinggir jalur lintas jalan sumatera jadi sekarang sedang kita galakkan. Dan dengan kegiatan ini bisa memberikan kontribusi kota Ujung Tanjung bersih dari sampah," katanya. 

Berbagai sampah rumah tangga seperti kantong plastik, botol minuman dan lain-lain yang diperkirakan terkumpul, yang kelihatan tidak reratur dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

"Setelah bersih, rencananya pihak desa dan Koramil 02/TP akan membuat tanaman muda/sayuran, serta memasang spanduk berisi imbauan agar warga tidak lagi membuang sampah di sekitar sini," terang Danramil.


Koramil 04/Kubu Goro Bersama Para Siswa Siswi

Dalam rangka menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, Koramil 04/Kubu bersama para siswa-siswi dari SMA, SMP dan pramuka melaksanakan Gotong royong (Goro) di lingkungan mesjid. 

Goro yang dipimpin langsung oleh Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi itu dilaksanakan di lingkungan Mesjid Al Furqon Kepenghuluan Rantau Panjang Kanan, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Ahad (08/03/2020).

Selain siswa-siswi pramuka dari SMAN 1 dan SMAN 2 Kubu, Goro itu juga diikuti oleh remaja mesjid Kepenghuluan Rantau Panjang Kanan. 

Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi kepada wartawan mengatakan, sasaran Goro bersama remaja mesjid dan siswa-siswi itu dilaksanakan dengan sasaran membersihkan rerumputan dan menanam pohon di lingkungan mesjid Al Furqon. 

"Dalam Goro ini, kita juga menanamkan sikap peduli lingkungan kepada anak-anak, yang mana agar sama-sama menjaga lingkungan tetap bersih, asri dan indah," kata Alfarisi. 

Kegiatan goro menanam pohon ini lanjut Danramil, kedepannya harus dijaga dan dirawat bersama. "Termasuk warga, pemuda, tokoh masyarakat, serta pemerintah desa dan para remaja mesjid, harus rutin merawat salah satunya dengan rutin menyiram tanaman," pungkasnya. 

Selain daripada itu, Danramil pada kesempatan itu juga mengharapkan kepada anak-anak pramuka dan remaja mesjid bahwa dalam menjaga lingkungan tidak harus dengan gerakan menanam pohon, membersihkan sampah dan rerumputan, tetapi juga tidak membakar hutan dan lahan untuk kepentingan bercocok tanam. 


Babinsa Bersama Warga Goro Timbun Jalan Berlubang

Agar segala aktifitas masyarakat baik untuk melintas dan mengeluarkan hasil kebun berjalan lancar, tentu fasilitas yang digunakan dan dilalui setiap harinya juga harus baik.

Untuk itu, Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang bersama warga RT 07 RW 04 Dusun Sidorejo, Kepenghuluan Bangko Balam, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan gotong royong penimbunan jalan, Minggu (8/3/2020).

"Karena selama ini jalan yang dilalui masyarakat berlubang, tentu mengahambat aktifitas masyarakat untuk mengelurakan hasil kebunnya terutama bagi kendaraan roda empat ,"kata Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul

Setelah dilaksanakan gotong royong penimbunan akses jalan tersebut, warga juga menjadi mudah untuk melintasi jalan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Babinsa juga mengingatkan masyarakat agar senantiasa mengutamakan budaya gotong royong dalam memperbaiki jalan diwilayah itu.

"Kita jangan menunggu untuk kebaikan dan kemajuan wilayah kita sendiri tetapi kitalah yang harus menjaga dan merawat aset yang ada di daerah kita sendiri,"pungkasnya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar