Peristiwa

Lakukan Unjuk Rasa, Keluarga ABK Yang Diamankan Polisi Malaysia Tuntut Pembebasan

Rohil (wawasanRiau) -- Keluarga Anak Buah Kapal (ABK) yang ditangkap saat mengambil ikan diperairan Malaysia lakukan unjuk rasa di rumah orang tua pemilik kapal Tjai Seng alias Kosim di Kepenghuluan Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Rabu (25/2/2020) malam.

Dalam aksi unjuk rasa yang di ikuti ratusan masyarakat tersebut, keluarga ABK yang saat ini diamankan di Malaysia tersebut menuntut agar keluarga mereka segera di bebaskan.

Menuntut orang tua pemilik kapal agar memberikan sejumlah uang untuk kebutuhan yang di tanggung seluruh keluarga ABK. Jika tidak di penuhi maka Keluarga ABK akan membawa warga lebih banyak lagi.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, kejadian tertangkap nya para ABK kapal tersebut terjadi sekitar empat bulan yabng lalu. Dimana,  Kapten Kapal (Tekong) Suyanto Sui anak dari Tjai Seng menggunakan GT Nomor : 381 / Ppr jenis tangkap ikan jaring malong  melakukan penangkapan ikan di perairan Malaysia.

Saat melakukan penangkapan ikan tersebut, Kapal beserta para ABK ditangkap kepolisian Malaysia. kemudian kapal dan seluruh awak diseret dan diamankan di Negara Malaysia termasuk tekong kapal.

Dengan kejadian tersebut Tjai Seng sebagai orang tua Suyanto Sui berusaha bertanggung jawab atas kejadian tersebut dengan perjanjian memberi belanja untuk kebutuhan sehari-hari kepada keluarga ABK  selama ABK belum kembali Ke Panipahan.

Namun berselang beberapa bulan, istri dan keluarga ABK meminta uang untuk berbagai pembayaran seperti membayar kontrakan, membayar tagihan bank dan membayar perobatan serta persalinan melahirkan.

Namun, orang tua pemilik kapal  tidak mampu lagi untuk memberikan sejumlah uang yang di inginkan oleh istri dan keluarga dan sampai saat ini Tjai Seng alias Kosim belum kembali dari laut.

Dari informasi yang diperoleh, hari ini akan kembali dilaksanakan mediasi yang bertempat di Ruangan Aula  Kantor Camat Palika, Jalan Lingkar Bundaran, Panipahan Darat.

Penulis : sagala


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar