Lancang Kuning

Kabid Ekonomi Bappeda Rohil, Ahmad Sukri Hadiri Musrenbang Kecamatan Batu Hampar

BATU HAMPAR,wawasanriau.com - Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tingkat kecamatan Batu Hampar di gelar di aula kantor Camat jalan lintas Bagansiapiapi, Selasa (11/02/2020). Hadir saat itu wakil ketua Basiran Nur Efendi, anggota DPRD Rohil H.Jasmadi,SE dan Hermawan, camat, penghulu, kapolsek danramil, instansi dan OPD dilingkungan Rohil.

Bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang disampaikan Kabid ekonomi Bapeda Rohil, Ahmad Sukri menjelaskan musrenbang dan RKPD ini merupakan suatu rangkaian dalam rangka pengusulan kegiatan untuk tahun 2021 dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Batu Hampar beserta seluruh masyarakat.

Kata Ia, agenda musyawarah rencana pembangunan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021 di Kecamatan Batu Hampar merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kepentingan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing.

"Partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting,"tuturnya.

Lanjutnya mengatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan dengan melibatkan pemangku kepentingan.

"Untuk kepentingan Pembangunan Daerah yang bahagian pembangunan pada dasarnya adalah proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju ke undang-undang No 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mengamanatkan adanya keterpaduan antara aspek politis dan operatif,"katanya.

Kata Dia, aspiratif yang datang dari masyarakat merupakan upaya jaringan cara masukan dari instansi terkait maupun kelompok organisasi masyarakat untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah yang telah disusun. Hal ini, lanjutnya, bermaksud untuk perencanaan pembangunan partisipatif menjadi sebuah program kerja yang bersifat strategis maka diperlukan adanya komitmen yang kuat dari berbagai stakeholder.

"Untuk tahun 2021 merupakan tahun terakhir bagi pemerintah Kabupaten dalam rangka pencapaian visi pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir yaitu terwujudnya Rokan Hilir sebagai kawasan industri guna menuju masyarakat madani dan Mandiri Sejahtera,"ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya menegaskan, penyusunan RKPD Kabupaten Rokan Hilir tahun 2021 harus lebih cepat dan efektif serta mampu menjawab permasalahan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat, strategis, terarah dan sesuai dengan tema yang sama yaitu memanfaatkan pemberdayaan ekonomi daerah untuk pertama peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan kemiskinan dan kedua peningkatan pelayanan dasar pembangunan kapasitas birokrasi pemerintahan, ketiga meningkatkan pembangunan infrastruktur sesuai dengan pemerintah daerah. Keempat meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis potensi daerah dan kelima meningkatkan pemberdayaan desa dan ekonomi kreatif di pedesaan.

Dari 5 tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pada masyarakat, meningkatkan sumber daya aparatur sipil negara di Kabupaten Rokan Hilir, membuka peluang kerja, mengurangi pengangguran dengan memberdayakan ekonomi lokal yang berbasis potensi unggulan daerah, meningkatkan keterampilan masyarakat dan meningkatkan nilai tambah produk hasil pertanian perkebunan perikanan peternakan dan industri kreatif serta didukung dengan berharap kepada seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk mengarahkan rencana kerjanya dan arah kebijakan pembangunan daerah akan lebih terarah dan tepat sasaran serta mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Bapak-bapak ibu-ibu yang berbahagia dan seluruh peserta musrenbang RKPD di Kecamatan Batu Ampar, Saya ucapkan selamat bermusyawarah dan berdiskusi dengan harapan terwujudnya keterpaduan dan sinkronisasi perencanaan pembangunan sehingga menghasilkan program atau kegiatan yang dapat mempercepat pencapaian cita-cita kita bersama yaitu masyarakat Kabupaten Rokan Hilir,"katanya.

Sementara itu, camat Batu Hampar H. Hermanto L mengatakan bahwa Musrenbang ini setiap tahun dilaksanakan. Dikatakannya kecamatan Batu Hampar terdiri dari 41 kelurahan dan kepenghuluan.

"Semoga apa yang kami inginkan bisa jadi kenyataan,"katanya.

Memang, lanjutnya menjelaskan tidak semuanya memenuhi permintaannya. Namun tetap mengajukan permintaan. Apapun yang  dilakukan adalah untuk kepentingan Masyarakat.

"Namun ada yang lebih penting lagi di luar, mau tidak mau ini tetap juga kita laksanakan. Tapi jangan mengurangi semangat untuk mengajukan usulan ini,"tandasnya. (gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar