Lancang Kuning

Pencegahan, TNI Polri dan Aparat Desa Sinergi Laksanakan Patroli Karhutla

Rohil (wawasanriau) -- Kegiatan pencegahan sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi bencana kebaran hutan dan lahan sangatlah penting, karena ketidak tauan dari masyarakat tentang bahaya yang terjadi akibat dari kebakaran hutan dan lahan.

Babinsa Koramil 05/Rimba Melintang dipimpin Serka Yusri Amri bersama Bhabinkamtibmas Polsek Bangko Pusako Iptu Samsul dan Sekdes dari Posko Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan patroli bersama untuk mengatasi bahaya bencana kebakaran hutan dan lahan, Selasa (11/2/2020).

Semak belukar dan lahan yang baru di imas atau lahan kosong adalah sasaran tim untuk melaksanakan patroli yang mana lahan tersebut di anggap rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan,"kata Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar.

Selain melaksanakan patroli lanjut Pelda Samsul Azhar, tim juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas di kebun juga masyarakat yang sedang melaksakan memancing ikan. 

"Karena penyebab kebakaran sering terjadi akibat dari kelalaian para  pekerja membuang puntung rokok sembarangan,"paparnya.

Apalagi tambahnya, menjelang datangnya musim kemarau dan penetapan status siaga di Provinsi Riau, banyak tugas-tugas kedepan yang harus dihadapi seluruh aparat untuk mengatisipasi agar tidak terjadi bencana tersebut.

"Untuk itu perlu diadakan kerjasama dan kekompakan antara TNI, Polri dan aparat pemerintah untuk melaksanakan kegiatan pencegahan mulai dari patroli, sosialisasi dan memasang plakat atau spanduk himbauan serta larangan membakar hutan dan lahan serta ancaman hukuman bagi pelaku pembakar hutan dan lahan,"pungkasnya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar