Lancang Kuning

Pj Sekda HM Job Kurniawan Optimis 2020 Rokan Hilir Bisa Raih Anugerah KLA Tingkat Pratama

ROKAN HILIR - Pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) optimis pada tahun 2020 ini mendapat predikat kabupaten/kota layak anak tingkat Pratama. Hal ini berkaca pada tahun 2019 lalu nyaris mendapat predikat tersebut. Demikian hal ini dikatakan Pj Sekda Rohil Job Kurniawan,AP, Msi di Aula kantor BPKAD lantai IV jalan Merdeka Bagansiapiapi, Senin (20/01/2020). 

Tampak hadir saat Workshop gugus tugas kabupaten layak anak (KLA) dan rapat pembentukan assosiasi pengusaha sahabat anak Indonesia (APSAI) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ini sejumlah OPD, Camat, para pimpinan dan perwakilan perusahaan di Rokan Hilir mulai dari Perbankan, Hotel, Dunia Usaha Lain, Pengusaha Rumah Makan  dan lain sebagainya, perwakilan Kadin Rohil, kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Rohil Ir Sri Rahayu dan Nara sumber dari Pekanbaru.

Dalam rapat tersebut Bank Riau Kepri terpilih sebagai ketua APSAI Rohil, Hendra dari Rumah Tamadun sebagai Sekretaris dan Ahwa dari Brother sebagai Bendahara.

Pj Sekda Rohil, HM Job Kurniawan yakin pemerintah kabupaten Rokan Hilir pada tahun 2020 ini bisa meraih predikat kabupaten/kota layak anak tingkat pratama karena pada tahun 2019 lalu hanya perlu 28 poin lagi. Tahun ini jika ditambah dengan adanya Perda dan dibentuknya APSAI serta dukungan dari seluruh OPD dilingkungan pemdakab Rohil tentunya capaian tersebut bisa di raih.

"Kekurangan tahun lalu sudah kita lengkapi, seperti Perda, begitu juga hari ini kita sudah bentuk APSAI. Mudah-mudahan dengan terbentuknya APSAI, Rokan Hilir bisa menuju predikat kabupaten/kota layak anak,"ujar Job Kurniawan. 

Selain itu, pemerintah Rokan Hilir juga memberi dukungan dalam bentuk program, kegiatan, pembangunan sarana dan prasarana, baik di sekolah, puskesmas dan lain lainnya.

“Saat ini sudah 30 sekolah di Rohil dicanangkan sebagai sekolah ramah anak dan kedepan semua sekolah dapat mengikutinya,”ujar Pj Sekda Rohil ini.

Sementara itu, Nara sumber Tati dari Provinsi Riau menjelaskan bahwa untuk meraih predikat kabupaten/kota layak anak perlu kebersamaan OPD dan dukungan pimpinan pemerintahan daerah.

"Di Disdukcapil menerbitkan akte kelahiran juga masuk dalam penilaian,"tuturnya.

Kemudian itu, kata Ia, puskesmas harus ada pelayanan ramah anak. Dinas pendidikan menerapkan sekolah ramah anak dengan makanan di kantin bebas dari racun dan bakteri. Selanjutnya instansi lapas harus ada kamar khusus untuk anak, kemudian di kantor polisi juga ada ruang sel untuk anak.

"Ada sejumlah pont penilaian dari pusat untuk memperoleh predikat kabupaten/kota layak anak. Untuk mewujudkan predikat tersebut butuh kerja keras dan komitmen bersama karena terdapat 24 indikator yang harus dipenuhi,"tuturnya.

Lanjutnya menjelaskan, penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Hingga saat ini belum ada kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil meraih predikat Kabupaten/Kota Layak Anak.

"Inhu dalan waktu setahun naik predikat dari Pratama ke madya sedangkan kota Pekanbaru dan Siak sudah predikat Nindya,"katanya.

Berikut predikat yang di raih provinsi Riau dan kabupaten/kota ketika malam puncak Anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2019 lalu  di Makasar bersumber dari Bidang Perlindungan dan Tumbuh Kembang Anak: 

I. PEMERINTAH PROVINSI RIAU

 1.Penggerak Provinsi Layak Anak 

 2.Pembina Forum Anak Tingkat Provinsi Terbaik Nasional

II PEMERINTAH KAB/ KOTA

  1. Anugerah KLA Tingkat Pratama

-Kabupaten Bengkalis 

-Kabupaten Indragiri Hilir

-Kabupaten Kampar 

-Kabupaten Pelalawan 

-Kabupaten Kepulauan Meranti 

  2.  Anugerah KLA Tingkat Madya

-Kota Dumai 

-Kabupaten Indragiri Hulu 

  3.  Anugerah KLA Tingkat Nindya

-Kota Pekanbaru 

-Kabupaten Siak 

  4.  Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak

-Puskesmas Lima Puluh Kota Pekanbaru

 -Puskesmas Minas Kabupaten Siak 

  5.  Sekolah Ramah Anak

 -MIS Uways Qorni Kota Pekanbaru

 -SMPN 6 Kandis Kabupaten Siak

 

FORUM ANAK

 -DAFA Award Kategori Forum Anak Terfavorit Bidang Lingkungan kepada Forum Anak Riau (Provinsi)

-DAFA Award Kategori Forum Anak Terbaik Bidang Pendidikan kepada Forum Anak Kabupaten Siak

-DAFA Award Kategori Forum Anak Kecamatan Terbaik Nasional kepada Forum Anak Kecamatan Tualang, Kab. Siak. 
(gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar