Sosbud

Babinsa Dampingi Petani Cabai Demplot Di Bangko Lestari

Rohil, wawasanRiau --Babinsa Koramil 05/Rm Kopka Edi Sutrisno dampingi petani cabai Ngadiatno untuk memelihara tanaman cabai dengan luas 4 rante di Desa Bangko Lestari, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir (Rohil), Senin (13/1/2020).

Danramil 05/RM Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Pelda Samsul Azhar mengatakan, pendampingan tersebut merupakan suatu bentuk usaha untuk mengubah cara masyarakat sebagai petani dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Demplot ini nantinya sebagai contoh untuk masyarakat lain bahwasannya tidak hanya tanaman kelapa sawit yang bisa dijadikan sebagai kebutuhan pokok. Akan tetapi, tanaman lain juga bisa menjanjikan hasilnya.

"Karena cara pengolahan lahan yang selama ini salah dalam melakukan penggarapannya sehingga terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan,"kata 

Apabila dialihkan ketanaman yang lain lanjutnya, maka lahan menjadi bersih sehingga terhindar dari bencana kebakaran hutan dan lahan.

"Seperti yang dilakukan bapak Ngadiatno yang selama ini juga sebagai petani kelapa sawit, perlu waktu yang lama dan perawan yang ekstra untuk tanaman kelapa sawit. Saat ini beliau memanfaatkan lahan kosong milik beliau untuk ditanami cabai dan buktinya memiliki hasil yang memuaskan juga,"paparnya.

Disamping sebagai biaya kebutuhan untuk kelangsungan hidup, hasil dari usaha menanam cabai tersebut juga bisa memenuhi kebutahan untuk sekolah anaknya.


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar