Sosbud

Tindak Lanjuti Keluhan Masyarakat, Bupati H Suyatno Instruksi Kadis PUTR Kerahkan Alat Berat

WAWASANRIAU.com - Curah hujan tinggi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengakibatkan sejumlah ruas jalan lintas mengalami kerusakan. Selain body jalan masih tanah merah, kemudian kekuatan jalan tidak dapat menampung berat kenderaan mengangkut hasil perkebunan yang melalui jalan tersebut juga disebabkan debet hujan tinggi mengakibatkan jalan semakin rusak. Kerusakan jalan itu menimbulkan dampak sosial bagi masyarakat seperti langkanya pasokan bahan kebutuhan pokok dan beberapa kebutuhan lainnya. Akhirnya masyarakat melaporkan keluhan ini secara langsung maupun melalui media sosial kepada bupati Rokan Hilir.

Menanggapi hal demikian, Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno, Minggu (12/01/2020) langsung memerintahkan instansi terkait untuk segera menindaklanjuti kondisi tersebut. Meskinpun Bupati H Suyatno masih mengikuti kegiatan Rakornas Partai PDIP di Jakarta, Ia senantiasa tetap mengikuti perkembangan yang terjadi didaerah, seperti masalah infrastruktur khususnya jalan lintas kubu kabupaten Rokan Hilir ini.

Untuk langkah awal, orang nomor satu di pemerintahan kabupaten Rokan Hilir itu meminta bantuan perusahaan yang beroperasi di daerah jalan rusak tersebut. 

"Untuk membantu kelancaran transportasi dengan menurunkan alat berat pada titik yang parah,"ucap H Suyatno. 

Dalam kesempatan ini, Dia  menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang telah melaporkan keluhan ini secara langsung maupun melalui media sosial. 

"Peran serta masyarakat kita butuhkan untuk kepedulian bersama agar kabupaten kita lebih baik,"katanya.

Dia juga mengharapkan agar masyarakatnya bijak dalam menggunakan medsos sehingga tidak menjadi salah tafsir. Kubu sebagai salah satu kecamatan tertua di Rokan Hilir adalah bagian Kabupaten Rokan Hilir. 

"Saya bersama sama DPRD yang berasal dari dapil tersebut tetap berusaha memperjuangkan pembangunan ruas jalan lintas ini dan Insya Allah 2020 ini kegiatan tersebut dilaksanakan,"bebernya.

Di era digital ini, lanjutnya menjelaskan, semua apa yang dilakukan Pemerintah Daerah bisa di pantau dan dimonitor, sebagai contoh proyek pembangunan jalan tersebut telah masuk pada anggaran atau tidak. 

"Harapan kita semua pada 2021 nanti tak ada lagi ruas jalan utama di semua daerah Rokan Hilir yang rusak. Ini prioritas Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang sudah berjalan beberapa tahun ini. Anggaran dari Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir kita selaraskan agar semua titik di kecamatan kecamatan lainnya menjadi perhatian,"tuturnya.

Ditempat terpisah, Kadis PUTR Rohil Jon Syafrindow menyampaikan bahwa alat berat sudah stand by di lokasi.

"Kami sudah action. Pekerjaan ini tidak bisa serta merta langsung dikerjakan. Karena kami mesti cari material yang pas dulu, yang nota bene material di Rohil ini tidak ada ready stock, jadi harus diambil ke luar kota.  Alhamdulilah material sudah sampai dan mulai dikerjakan hari ini,"jelasnya Job Syafrindow, Minggu (12/01/2020).

Sedangkan Kasubbag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol setda Rohil, Hasnul Yamin SE menambahkan banyaknya isu-isu yang berkembang dimasyarakat tanpa di cek dulu kebenarannya akan membuat stigma negatif dan menyesatkan. 

"Kita harapkan kebijakan dan kearifan semua pihak, Kita juga harus menghargai perjuangan Pemerintah Daerah bersama wakil kita di DPRD Kabupaten maupun Provinsi yang terus menerus mengupayakan ini demi masyarakat,"katanya.

Peran serta semua pihak diperlukan, termasuk masyarakat agar semuanya bisa berjalan sesuai rencana.  Apalagi, lanjutnya menjelaskan, infrastruktur menjadi prioritas Pemerintah Daerah saat ini agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Termasuk didalamnya Jalan Lintas Ujung Tanjung, Pujud, Kubu, Pesisir Pedamaran serta Sinaboi-Dumai melalui kolaborasi Anggaran Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir,"jelasnya. (Gun)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar