Hukrim

Waktu Sidang di PN Rohil Molor, Saksi dan Keluarga Terdakwa Kerap Mengeluh

potret keadaan di PN Rohil dimana sejumlah saksi dan keluarga terdakwa kerap dibuat menunggu berlama -lama.

UJUNGTANJUNG, Wawasanriau.com - Kendati jaksa dan tahanan sudah datang pada pukul 13.30 Wib dari Bagansiapiapi ke Pengadilan Negeri (PN) Rohil di Ujungtanjung, Kecamatan Tanah Putih. Namun, sidang di PN Rohil itu tetap dimulai lebih dari pukul 15.30 Wib, tentunya membuat keluarga para terdakwa dan saksi yang hadir menjadi mengeluh.

Pantauan wartawan, Selasa (13/10) sekira pukul 15.47 Wib, sidang pidana maupun sidang perdata di PN Rohil belum juga dimulai. Sehingga, baik saksi maupun keluarga terdakwa yang melihat keluarganya menjalani sidang terpaksa menghabiskan waktu di kantin PN Rohil itu.

"Saya sudah dari pukul 10.00 Wib datang di PN Rohil ini, untuk melihat keluarga saya sidang. Tapi, sayangnya sidang belum juga dimulai sampai sore ini," ujar Munir (38) salah seorang keluarga terdakwa yang datang di PN Rohil untuk melihat keluargnya melaksanakan sidang.

Senada diungkapkan Jonson (41) salah seorang warga Palika yang akan menjadi saksi dalam sebuah sidang di PN Rohil itu. "Sudahlah saya tidak ada gaji datang menjadi saksi disini, sidang sampai sore ini juga belum dimulai," katanya.

Informasi dihimpun dari salah seorang Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, bahwa jumlah tahanan yang akan melaksanakan sidang sekitar 25 orang terdakwa.

"Kalau sidaang belum dimulai sampai pukul 16.00 Wib, pastilah kami malam nanti baru sampai ke Bagansiapiapi sana," keluhnya.

Ia juga sangat menyayang sikap PN Rohil yang tidak memberi tahukan jika para hakim pada hari itu banyak yang cuti. "Jadi, mau tidak mau terdakwa yang sudah seharusnya di vonis ataupun dituntut hukuman terpaksa ditunda lagi, karena hakim tidak lengkap," cetusnya.

Terpisah, Ketua PN Rohil Agustinus SH sulit untuk ditemui. Demikian pula Humas PN Rohil, Ruddi P Palawi SH tidak bisa dikonfirmasi. Sebab, tidak ada ditempat, dan Hanpone (telepon genggam) mereka tidak dalam keadaan aktif.(tim/red)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar