Peristiwa

Tak Terima Terkenak Limbah Pabrik "Puluhan Warga Punggulan Datangi Pengolahan Kelapa"

Warga yang Mendatangi Pabrik Pengolahan Kelapa

Asahan,wawasanriau-Puluhan warga di Desa Punggulan, Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan mendatangi pabrik pengolahan kelapa “Sejati” yang berada di Daerah mereka, Selasa (22/10/2019).

Kedatangan mereka tersebut guna melakukan protes kepada pabrik pengolahan kelapa tersebut karena diduga melakukan pencemaran lingkungan seperti membuang limbah ke anak sungai dan dianggap telah mencemari udara.

“Akibat pembuangan limbah tersebut, kondisi tanaman kebun milik sejumlah warga seperti terong dan kangkung terancam gagal panen. Selain itu, warga disini juga mengalami sesak nafas akibat asap yang dihasilkan oleh pabrik itu, ” ungkap Sucito didampingi warga lainnya.

Sebelumnya, lanjut sucito, kami sudah pernah mendatangi pabrik tersebut untuk menyampaikan keluhan dari warga, namun tidak ada tidak lanjut ataupun penjelasan dari pihak perusahaan.

Selain itu, mereka juga menuntut kepada pemerintah Kabupaten Asahan agar tidak tutup mata dan peduli terhadap masalah atau keluhan yang dihadapi oleh masyarakatnya.

“Kami juga meminta kepada pihak Pemerintah Kabupaten Asahan melalui dinas terkait untuk melakukan peninjauan ke pabrik itu dan mengambil tindakan tegas. Sebab selama ini, limbah dari pabrik pengolahan kelapa itu diduga dibuang ke aliran anak sungai, ” katanya.

Berdasarkan pantauan wartawan, sempat terjadi mediasi antara warga dengan pihak pabrik pengolahan kelapa “Sejati” didampingi Kepala Desa Punggulan, Kapolsek Air Joman, Koramil Air Joman.”Hasil dari mediasi tersebut, pihak perusahaan berjanji akan menyanggupi segala tuntutan yang diberikan oleh warga tersebut, ” ungkap Kapolsek Air Joman, Iptu HW Siahaan.

Sementara itu, humas pabrik pengolahan kelapa Sejati, H Popo menjelaskan, dirinya secepatnya akan melakukan koordinasi dengan pimpinan terkait segala tuntutan yang diberikan oleh warga tersebut.

“Mudah-mudahan pimpinan perusahaan dapat segera merealisasikan segala tuntutan yang diberikan oleh warga, agar tidak ada lagi permasalahan, ” ungkapnya.(rung)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar