Nasional

Satu-satunya Dari Riau, Tahun 2019 Rohil Terima Penghargaan Proklim Tingkat Nasional

Sekretaris Proklim Pondok Iman Balai Jaya terima penghargaan proklim Tingkat Nasional dari KLHK di Jakarta

ROKAN HILIR, WAWASANRIAU.COM - Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno, AMp sangat mengapresiasi  dan ucapan terimakasih kepada Proklim Pondok Iman RW 008 Kepenghuluan  Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya Rohil serta Dinas Lingkungan Hidup yang telah membina proklim sehingga berhasil meraih penghargaan di tingkat nasional dan satu-satunya dari Propinsi Riau.

"Alhamdulillah kita bersyukur, dibina oleh Dinas Lingkungan Hidup beserta tokoh masyarakat kita serta bahwa Proklim Pondok Iman Kepenghuluan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya berhasil memperoleh penghargaan tingkat nasional dan satu-satunya dari Riau pada Tahun 2019 ini," kata Suyatno saat dikonfirmasi, Sabtu (5/10/2019) di Bagansiapiapi.

Lanjutnya, Ini berkat kerjasama yang baiklah, dari mulai kepenghuluan, Kecamatan sampai DLH sehingga menghasilkan target-target yang sudah dirancang bisa tercapai. Banyak sekali Balai Jaya itu merai prestasi yang mengharumkan nama baik Rokan Hilir, daerah ini bisa dijadikan contoh untuk Kecamatan lainnya, tahniah buat Balai Jaya," ungkap Suyatno.

Kepala dinas Lingkungan Hidup, Suwandi, S.Sos  mengatakan bahwa pada Tahun 2019, DLH Rohil mengajukan tiga wilayah Proklim dari Rokan Hilir untuk dilombakan di tingkat Nasional. Akhirnya ke 3 lokasi tersebut lolos pada tahap pengisian data Sistem Registrasi Nasional (SRN)Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan skor  > 81 persen.

Ketiga lokasi tersebut terang Suwandi diantaranya Proklim Pondok Iman RW 008 Kepenghuluan Balai Jaya, Proklim Balam Jaya RW 01 Kepenghuluan Balam Jaya dan Proklim Balam Jaya RW 02. Ketiga proklim tersebut semuanya berada di Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rohil.

"Kita terus lakukan pembinaan secara terus menerus oleh tim pembina Proklim Kabupaten baik dari DLH maupun dari Ketua KTNA Rohil pak Alkahfi Sutikno, Alhamdulilah setelah dilakukan verifikasi oleh tim penilai dari KLHK satu lolos yaitu Proklim  Pondok Iman RW 008 berhasil menang di tingkat Nasional mewakili Riau," terang Suwandi

Pada Tanggal 2 Oktober 2019 yang lalu dikatakan Suwandi, DLH Rohil mengirim utusan ke Jakarta sebagai perwakilan untuk mengambil piagam penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup.

"Karena banyak kesibukan menyambut HUT Rohil ke-20, saya utus dua Kabid ke Jakarta yaitu pak Ra'uf dan pak Khairul serta Sekretaris pembina Proklim Pondok Iman Budi Santoso untuk menerima piagan penghargaan dari KLHK di Jakarta," ungkapnya. (Irwan)

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar