Puncak Peringatan HUT Ke - XX Rohil

Bupati Rohil Beserta Forkompinda Serahkan Penghargaan Dan Berbagai Bantuan

Bupati Rohil H Suyatno serahkan bantuan Mikro Bus dari Kemendes RI kepada Bumkep dn Koperasi

BAGANSIAPIAPI, WAWASANRIAU - Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno bersama Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) serahkan berbagai bantuan  selesai pelaksanaan upacara puncak peringatan hari jadi Rokan Hilir ke- 20 , Jumat (4/10/2019) di lapangan Taman Budaya Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi.

Upacara puncak peringatan HUT ke-20 Rohil yang dipimpin langsung Bupati Rohil H. Suyatno tersebut dihadiri Sekda Propinsi Riau H Ahmadsyah Harrofi, mantan Gubri Wan Thamrin Hasyim, Wabup Jamiludin, Forkompinda, Sekda H Surya Arfan, tokoh pendiri Rohil H. Rusli Efendi dkk, Plt Ketua DPRD Labusel, Anngota DPRD Rohil, OP , tokoh masyarakat, Camat, Penghulu, Guru serta para pelajar.

Bupati Rohil H Suyatno  dalam sambutannya pada upacara hari jadi Rohil ke- 20 mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta upacara serta terkhusus kepada para tokoh pendidri Kabupaten Rohil baik yang masih ada maupun yang sudah tiada semoga semua mendapatkan ridha dari Allah SWT.

"Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua tokoh-tokoh pendiri Kabupaten Rokan Hilir baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada semoga Allah Subhanawa'taala meridhoi serta membalas semua kebaikannya dan ditempatkan disurgaNya Allah," kata Suyatno.

Suyatno secara singkat menyampaikan perjalanan sejarah berdirinya Kabupaten Rokan Hilir yang memakan waktu cukup panjang penuh halangan dan rintangan sejak Tahun 1956 setelah duduknya Husein Rambah (alm) sebagai anggota DPRD Gotong-royong Swatantra Tk. II Kabupaten Bengkalis. Kemudian perjuangan pembentukan Kabupaten Rohil dilanjutkan pada Tahun 1962 dengan membentuk panitia kejuangan dari berbagai tokoh masyarakat, pengusaha, kaum cerdik pandai, alim ulama , partai politik dan tokoh lainnya.

"Sejarah pembentukan Kabupaten Rohil cukup panjang dan bertahap, sejak Tahun 1956, 1962 dan pada awal reformasi Tahun 1988 kepanitiaan perjuangan Kabupaten tingkat II Rokan Hilir yang diketuai Amran Rambah dan rekan -rekan  terus mendorong untuk pembentukan Kabupaten Rohil.  Melalui musyawarah besar prsetujuan DPRD Kabupaten Bengkalis, melalui sidang paripurna dan persetujuan Bupati Bengkalis dan Gubernur Riau serta pengesahan DPR Ri, maka terbitlah UU Nomor 53 Tahun 1999 menetapkan pada Tanggal 4 oktober Rokan Hilir sebagai Kabupaten," terang Suyatno.

Dengan memperingati HUT ke- 20 Kabupaten Rohil, Suyatno mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung Visi- misi pemerintah  dalam  mewujudkan Rohil yang maju, mandiri dan sejahtera. Bupati juga menyampaikan bahwa pada tahun2019, Rohil banyak memperoleh prestasi di berbagai bidang diantaranya, Rohil memperoleh opini WTP oleh BPK RI Propinsi Riau, peringkat  pertama se-Riau dalam penyelesaian tindak lanjut  temuan hasil  permeriksaan BPK  pada semester I tahun 2019, laporan LHKPN bagi pejabat Rohil telah melaporkan 100 persen sebelum tanggal 31 Maret 2019 dan lainnya.

Rohil juga mendapatkan penghargaan pembina Proklim tingkat nasional pada  tanggal 24 oktober Tahun 2018, Sakip Rohil mendapatkan nilai B dari MenPAN - RB, Akreditasi Madya RSUD Pratomo, Penghargaan Gubri kepada Kecamatan Bagan Senembah sebagai kecamatan terbaik  se-Propinsi Riau dalam evaluasi Kecamatan Tahun 2018, Rohil juga Terbaik II tingkat Propinsi Riau dalam dokumentasi hukum tahun 2019.

Usai upacara, Suyatno memnyerahkan bersama Forkompinda serahkan penghargaan kepada 18 pendiri Kabupaten Rohil, penyerahan bantuan mikro bus dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi kepada 4 BUMKep di Kecamatan Bangko dan Sinaboi diantaranya Koperasi Tiga Matra Perhubungan, BUMKep Labuhan Jaya Mandiri Labuhan Tangga Besar, BUMKep Maju Jaya Labuhan Tangga Baru, BUMKep Sinaboi Mandiri.

Dilanjutkan dengan penyerahan pendistribusian dan pendaya gunaan Baznas Rohil secara simbolis untuk bantuan produktif untuk 32 orang Rp. 80.juta, bantuan pengobatan untuk 10 orang Rp. 15 juta, bantuan beasiswa untuk 10 orang Rp. 20 juta, bantuan untuk muallaf 5 orang Rp. 13 juta, bantuan Konsumtif untuk 34 orang Rp. 6,6 juta dan bantuan sembako untuk 100 orang Rp. 20 juta dengan total bantuan dari Baznas Rohil sebesar Rp. 154.600.000.

Bupati juga menyerahkan piagam dan piala serta uang pembinaan kepada Dinas Kantor yang mendapatkan juara pada lomba kebersihan kantor dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20 Rohil. Juara satu diperoleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juara II Kejaksaan Negeri Rohil, Juara III Bappeda Rohil, harapan I dinas Pendidikan, harapan III BPS, harapan III Disperindag.

Sedangkan untuk penilaian kompentensi Camat berprestasi dan evaluasi kinerja Kecamatan, juara I diperoleh Camat Pekaitan, Taryono SE,  juara II Kecamatan Sinaboi Tengku M. Hasyim, S.Sos dan juara III diraih Kecamatan Tanah Putuh Robi Kurniawan. (Irwan)

 

 

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar