Lancang Kuning

Bupati Rohil Tanam 1000 Pohon Pinang Disepanjang Jalan Lintas Pekaitan

WAWASANRIAU.com - Secara Simbolis Bupati Rohil H Suyatno bersama Kajari Rohil, dan Dandim 0321 Rohil menanam Pohon Pinang di Pinggiran Jalan Lintas Kecamatan Pekaitan. 

Penanaman 1000 pohon pinang tersebut merupakan salah satu kegiatan dari Keluarga Besar Parhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) Kabupaten Rokan Hilir. Dalam rangka mendukung atau mensinergikan program Bupati untuk penghijaun di Desa-Desa atau Kepenghuluan.

"Bupati kedepannya ada program penghijauan di Desa-Desa atau Kepenghuluan. Makanya kami dan kawan dari keluarga PATRI Rohil ikut bersama mensukseskan program tersebut. "kata pengurus PATRI  Rohil M Nizar.

Salah satu upaya mendukung Program tersebut Keluarga Besar PATRI Rohil menanam seribu pohon pinang di wilayah Kecamatan Pekaitan. 

"Tujuan penanaman pohon pinang ini disamping penghijauan juga ada nilai ekonominya, jika tanaman ini dirawat dengan baik dengan asumsi 1000 pohon tadi, untuk kedepannya tanaman ini bisa menghasilkan 10 juta bersih perbulan. "kata Nizar.  

Selanjutnya setalah Pohon pinang ditanam, untuk dapat dijaga dan dirawat bersama-sama.  "Jika ini berhasil bisa dikelola oleh Bumkep sehingga dapat PAD Kepenghuluan masing-masing,"ujarnya. 

Adapun jenis pinang yang ditanam adalah Batara yang berasal dari Jambi, dan sebagain berjenis bibit Hibrida berfariasi.

"Untuk harga bibit berpariasi ada 10 ribu dan 6 Ribu rupiah, itu sampai kelokasi tergantung besar kecilnya bibit yang kita pesan. Intinya kegiatan mensinergikan program Penghijauan program dari pak Bupati,"ujarnya.(zmi) 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar