Peristiwa

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Koramil 05/RM Laksanakan Upacara

Rohil, wawasanriau -- Dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila, Koramil 05/Rimba Melintang melaksanakan upacara di halaman Kantor Camat Bangko Pusako, Selasa (1/10/2019).

Upacara peringatan hari kesaktian pancasila bertemakan "
Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia".

Danramil 05/Rimba Melintang Kapten Czi A Panjaitan menyebutkan, upacara kesaktian dilaksanakan untuk merenungkan dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah rela berjuang mengorbankan keringat, darah dan nyawa untuk tegaknya pancasila dari rongrongan komunis yang ingin menghancurkan  kokohnya pancasila.

Menyinggung soal ancaman ideologi komunis bagi Indonesia. Menurutnya, dalam peringatan hari Kesaktian Pancasila, keberadaan ancaman ideologi komunis tersebut harus turut disadari oleh masyarakat.

"Ketika kita memperingati hari kesaktian pancasila mengingatkan kita bahwa ancaman penggantian ideologi pancasila dengan komunis itu nyata. Itu bukan fiksi tapi itu adalah kenyataan dan sudah berulang kali," kata Kapten Czi A Panjaitan. 

Untuk itu, Danramil mengingatkan bahwa masyarakat harus selalu waspada terhadap ancaman bahaya kemungkinan penggantian ideologi.

Menurutnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya komunisme tersebut. Salah satunya adalah dengan menghadirkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan, sehingga masyarakat bisa merasakan nilai tersebut secara nyata.

"Sila yang paling penting dihadirkan adalah sila keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Kalau ada pelaksanaan seadil-adilnya, sila keadilan sosial ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan menembus," pungkasnya. 

Penulis : sagala

 


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar