Peristiwa

Akibat Kabut Asap, Nelayan Di Rohil Takut Melaut

Kabut asap menyelimuti wilayah Rohil

Rohil, wawasanriau - Sekelompok nelayan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengaku sangat terganggu dengan kondisi kabut asap yang semakin tebal menyelimuti berbagai wilayah di Rohil. 

Bahkan, para nelayan mengaku bahwa selama emlat hari belakangan ini mereka sudah tidak pernah melaut. 

"Sudah empat hari tak turun kelaut," ucap salah satu nelayan bubu tradisional di Labuhan Tangga Kecil Herman (39 tahun), Rabu (18/9/2019)

Herman mengaku, kabut asap terlalu pekat sehingga sangat mengganggu pandangan nelayan untuk menjalankan boat pompong penangkap ikan.

Selain itu, dalam kondisi kabut asap yang pekat, ayah tiga orang anak ini juga mengaku sangat sulit  mencari lokasi yang baik untuk menegakkan tiang bubu agar hasil tangkapan bisa maksimal.

"Biasanya hasil tangkapan ikan gelama lumayan didapat, tapi semenjak muncul kabut asap tidak ada sama sekali," kata Herman

Nelayan yang biasanya melaut di perairan muara sungai Rokan hingga pulau halang ini juga mengatakan kondisi ini juga berbahaya bagi keselamatan . 

Apalagi sebutnya, nelayan tradisional yang hanya dilengkapi peralatan seadanya, sehingga sulit untuk menghindari tabrakan dari tiang tiang bubu yang senantiasa mengancam boat pompong mereka.

Herman berharap kondisi miris seperti ini segera berakhir "bisa dikatakan semua nelayan sini lah tidak kelaut," pungkasnya. 

Penulis : sagala


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar