Pendidikan

Pramuka Saka Bara Binaan Polsek Bangko Dikukuhkan

Kapolsek Bangko, Rohil Nurhadi memberikan selamat kepada sejumlah adik didik Pramuka Saka Bhayangkara usai pengukuhan.

BAGANSIAPIAPI, Wawasanriau.com - Polres Rokan Hilir melalui Polsek Bangko, menggelar giat acara perkemahan Sabtu Minggu (Persami) sekaligus giat pengukuhan Adik didik Pramuka Saka Bayangkara (BARA) yang baru binaan Polsek Bangko, dihalaman Polsek Bangko, Rohil, Sabtu (3/10/15).

Kapolsek Bangko Kompol Nurhadi Ismanto, SH, SIK mengatakan, kegiatan. Ini sekaligus memberikan pembelajaran kepada anggota saka agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Kegitan tersebut diikuti sejumlah 50 anggota Pramuka Saka Bhayangkara yang baru bergabung.  

"Adapun acaranya antara lain giat jurit malam , renungan suci pemberian materi kesakaan bhayangkara dan upacara pelantikan saka bhayangkara," jelas Kapolsek, Pada wartawan, Senin (4/10/15).

Kapolsek menambahkan, giat tersebut di adakan dikandung maksud. agar anggota saka memahami cara berorganisasi, kompak sebagai bentuk team, memiliki jiwa kepemimpinan dn bertanggung jawab, disiplin serta empati.

"Tentunya bangga menjadi seorang saka bhayangkara juga," jelas Kapolsek.

Sebelum giat jurit malam diberikan tauzsah agama tentang kepemimpinan Nabi Muhammad. Acara jurit malam diadakan hari Sabtu malam jam 21.00- 24.00 dengan berjalan mengelilingi kota Bagansiapiapi dan diberikan rintangan-rintangan agar para saka dapat berpikir kreatif dalam memecahkan rintangan. Setelah itu dilanjutkan acara renungan suci di Aula Cupu Manik.

"acara renungan suci dibuat agar anggota saka selalu ingat dan berbakti kepada orangtua bangsa dan negara juga memiliki kebannggan sebagai seorang saka bhayangkaraan," terang Kapolsek.

Esok harinya hari Minggu 4 Oktober diberikan materi kesakabhyangkaraan dimana anggota saka dilatih untuk memiliki pengetahuan berbgai pengetahuan diantaranya menguasai gerakan pengaturan lalu lintas, memiliki kemampuan dalam TPTKP apabila ada kejadian kriminalitas/laka lantas, memiliki kemampuan dalam membantu apabila terjadi bencana alam dan memiliki kemampuan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya masing-masing.

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan sebagai Saka Bhayangkara dan disematkan tanda saka bhayangkara dilengan baju sebelah kiri oleh Kapolsek Bangko Kompol Nurhadi Ismanto. "Semua berjalan lancar dan semua anggota saka sudah dilantik dan siap menjalankan tugasny," terang Kapolsek.

Dalam kegitan ini juga dibantu oleh Perwira Polsek Bangko diantaranya Kanit Reskrim Iptu Billy Gustiano Barman, Kanit Intelkam AKP Khamsir, Kanit Bimsa Ipda Arifin, Kanit Shabhara AKP Ali Buzar,Kanit lantas Iptu Dedi Nova Rizal dan Bintara dari opsnal Mapolsek Bangko.( mi/ adv/ Polsek)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar