Nasional

Anies Dorong Kantor Pemerintah Pusat Jadi RTH: Akan Bermanfaat Sekali

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong kantor-kantor pemerintah pusat dialih fungsi menjadi ruang terbuka hijau (RTH) bila ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. Anies menyebut RTH akan lebih bermanfaat dibandingkan penggunaan kantor untuk kegiatan komersial.

"Begitu menjadi ruang terbuka hijau yang diakses publik. Maka manfaatnya dirasakan oleh semua. Sebagian tentu akan diarahkan komersial. Tapi kalau semua jadi komersial, nanti manfaat bagi masyarakat akan terbatas. Kalau jadi ruang terbuka akan sangat bermanfaat sekali," kata Anies di GOR Matraman, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2019).

Anies menuturkan banyak kantor aset pemerintah pusat yang bisa dimanfaatkan. Dia masih menunggu kebijakan pemerintah pusat mengenai usulannya tersebut.

"Saya belum sampai (lokasinya) tapi kan lokasi banyak sekali Jakarta ini. Fasilitas-fasilitas pemerintah pusat di Jakarta banyak sekali," tuturnya.

Anies meyakini Jakarta akan terus berkembang meski ibu kota pindah ke Kalimantan Timur. Menurutnya, pemindahan ibu kota tidak mempengaruhi pembangunan Jakarta.

"Jakarta sendiri akan memiliki kesempatan untuk terus berkembang. Karena pasti ada kegiatan pembangunan tambahan. Karena fasilitas yang dipakai untuk kegiatan komersial akan meningkat, perkantoran bisa bertambah," jelasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengumumkan calon ibu kota negara baru. Ibu kota akan berada di sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kutai Kertanegara.

(detik.com)


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar