Sosbud

Ubah Pola Pikir, Babinsa Koramil 05/RM Ajak Warga Untuk Berkebun

Baninsa koramil 05 rimba melintang saat membuka lahan bersma warga

Rohil (wawasanriau) --Babinsa Koramil 05 Rimba Melintang, Kodim 0321 Rokan Hilir (Rohil) Serka Yusri Amri bersama salah satu warga pemilik lahan perkebunan Andika, membuka lahan pertanian buah semangka, Jumat (26/7/2019).

Lahan semangka yang akan dikelola Babinsa bersama pemilik lahan tersebut berada di Kelurahan Bangko Kanan, Kecamatan Bangko Pusako.

Danramil 05 Rimba Melintang, Kapten Czi A Panjaitan melalui Batituud Serma Samsul Azhar menyebutkan, pembukaan lahan pertanian buah semangka tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengubah cara berpikir masyarakat. 

Dimana lanjutnya, selama ini masyarakat jika membuka lahan pertanian hanya mengandalkan tanaman kelapa sawit. 

"Upaya yang dilakukan Babinsa khususnya TNI ini untuk mengubah cara berpikir masyarakat membuka lahan pertanian kelapa sawit menjadi tanaman buah dan sayur,"katanya. 

Padalahal tambahnya, hasil perkebunan sayuran maupun buah-buahan tak kalah besar jika dibandingkan dengan tanaman kelapa sawit. 

"Membuka perkebunan sayur dan buah juga dapat untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga, bahkan melebihi apabila hasil panen melimpah,"paparnya. 

Perubahan cara berpikir ini katanya lagi, dilakukan untuk mencegah agar masyarakat dapat lebih cerdas dalam mengelola lahan dan mencegah agar tidak adalagi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Penulis : sagala
Editor    : zmi


[Ikuti Wawasanriau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar